Usaha Kecil Harus Didukung Untuk Memperkuat Sektor Bisnis

Mewujudkan Jakarta sebagai kota bisnis, merupakan salah satu mimpi Joko Widodo (Jokowi) sebagai Mantan Gubernur DKI Jakarta. Salah satu yang harus digarap serius, katanya, justru sektor usaha kecil. Hal ini merupakan upayanya untuk melakukan pemerataan ekonomi.

Bisnis itu modal terbesarnya kepercayaanLatar belakang Jokowi sebagai pengusaha mebel, membuatnya matang dalam hal manajemen bisnis. Bagi pria kelahiran Surakarta, 21 Juni 1961 ini, membangun usaha itu bukan hanya sekadar modal nansial, tapi juga mental dan kemauan yang kuat. Ia mengenang betapa ketika mulai merintis bisnis mebel, harus selalu menggadaikan sertikat tanah milik orang tuanya demi mendapatkan modal. “Saya juga sempat mendapatkan pinjaman bank. Waktu itu pengalaman minim dan rasanya sulit sekali di awal-awal bisnis itu. Tapi ya jangan menyerah,” katanya, sambil tersenyum. Di awal usahanya itu, karyawannya hanya tiga orang.

Sembilan tahun Jokowi jatuh bangun merintis usaha bersama Iriana, istrinya. Setiap ada pameran mebel, ia selalu menyempatkan ikut. Awalnya hanya di Jakarta, tapi kemudian ia berani ikut pameran di luar negeri, mulai dari Singapura, Eropa, Amerika, Eropa Timur sampai Timur Tengah. Hasilnya, permintaan mebel miliknya meningkat dan akhirnya berani menjajal ekspor. “Bisnis itu modal terbesarnya kepercayaan. Coba lihat, mengapa pengusaha berbondong-bondong ke Jakarta?  Mereka percaya di sini prospek bisnis mereka akan bertumbuh pesat, tentu secara bertahap kami barengi dengan pelayanan, perizinan, infrastruktur yang lebih esien, lengkap dan cepat,” katanya.

” Bisnis itu modal terbesarnya kepercayaan “

Menguatkan sektor ekonomi Jakarta, menurut Jokowi, bukan hanya mendukung pengusaha besar. Mereka yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah (UMKM) juga harus diberi perhatian, dijembatani untuk menjadi besar. “Kami terus mendorong pengembangan UMKM dengan berbagai upaya, misalnya pemberian insentif dalam bentuk kemudahan izin, juga tempat mengembangkan usaha yang legal. Saya juga memberikan visi pada bank daerah untuk mengalokasikan kreditsebesar-besarnya untuk UMKM kami. Kami banyak masuk ke perbankan ritel,” ujar Jokowi.

Tips Usaha dari Jokowi :

  • Jangan hanya menunggu untuk memulai usaha. Yang penting tekad kuat, semangat pantang menyerah dan kadang perlu sedikit nekat. Modal finansial itu bisa dicari.
  • Produk usaha harus inovatif dan mengikuti selera pasar, tapi tetap harus punya keunikan. Pahami juga detil produk yang dihasilkan.

Gunawan

Untuk melangkah maju lihatlah ke depan jangan tengok ke arah belakang. Usaha yang sukses adalah bercermin dari kegagalan masa lalu

2 thoughts on “Usaha Kecil Harus Didukung Untuk Memperkuat Sektor Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *