Trik Jitu Mengembangkan Usaha Warung Kelontong

Memiliki usaha warung kelontong seharusnya dapat berjalan dengan baik dan terus berkembang. Sebab, barang dagangan yang dijual adalah barang kebutuhan harian yang hampir setiap hari orang mengkonsumsinya. Karena mudahnya menjalankan usaha ini, banyak pengusaha kemudian melirik warung kelontong sebagai pilihan usaha.

Akibatnya persaingan semakin ketat, sehingga menuntut kita harus lebih aktif dan kreatif menjalankan usaha ini. Seperti yang dialami oleh beberapa pemilik usaha warung kelontong yang sudah menjalankan usaha selama puluhan tahun, omzet mereka yang turun drastis hingga 50% karena tersaingi oleh bermunculannya minimarket modern.

peluang-usaha-warung-klontongTentunya kita tidak ingin usaha kita menurun akibat kalah bersaing bukan? Lantas apa yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha warung kelontong dalam menghadapi ketatnya persaingan usaha? Bagaimana cara menjalankan usaha warung kelontong yang aktif dan kreatif? Dalam kesempatan kali ini, kita akan kupas tuntas mengenai trik mengelola warung kelontong agar tahan banting oleh ketatnya persaingan. Di bawah ini adalah tips mudah untuk menarik calon pembeli usaha warung kelontong.

Berikan Pelayanan yang Memuaskan
Sulit untuk menemukan keunikan usaha warung kelontong, hal ini karena barang yang dijual rata-rata sama dengan barang jualan toko lain. Salah satu hal yang bisa membedakan adalah pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Keramahan dan suasana kekeluargaan yang dibangun di sebuah toko kelontong akan memberikan kenyamanan bagi pelanggannya. Hal inilah yang tidak dimiliki oleh minimarket. Untuk membangun suasana nyaman di warung kelontong kita, lakukanlah:
• Memberikan senyum dan sapaan yang ramah saat pembeli datang
• Usahakan hafal dengan pelanggan kita. Ingat hal-hal umum tentang pelanggan, misalkan namanya, rumahnya, sering beli apa
• Sesekali tanya kabar atau obrolkan hal-hal ringan saat melayaninya

Tahukah kita, bahwa pelayanan yang baik bisa meningkatkan angka penjualan dan kesetiaan pelanggan. Pembeli yang puas dengan pelayanan kita, akan mempromosikan usaha kita kepada 5 orang lainnya.

Baca Juga : Tips Supaya Omzet Toko Kelontong Jadi Meningkat

Perhatikan Harga Jual Barang Dagangan
Menjalankan usaha warung kelontong, harus jeli dalam menentukan harga jual. Bagaimana sebaiknya kita menyikapi harga jual di warung kita?
• Harga yang dijual jangan lebih mahal dari harga toko lain
• Untuk barang yang paling diminati dan relatif cepat penjualannya, disarankan dijual dengan harga sama atau bahkan lebih murah dari toko lain.

warung-klontong

Membuat Komunikasi dan Promosi
Bagaimana cara melakukannya?
• Kita bisa buat daftar harga dengan selembar kertas menarik tentang harga barang di toko
• Tempelkan harga barang pada rak tempat produk dipajang
• Promosi bisa dilakukan dengan memasang spanduk berisi penawaran menarik, misalnya :
“Dapatkan 1 bungkus mie instant dengan membeli 10 kg beras” atau
“Kumpulkan 5 nota pembelian dengan total minimal Rp 200 ribu dan dapatkan 1 bungkus gula pasir”
• Hadiah promosi sebaiknya diperhitungan harganya agar tidak rugi.
• Berikan perhatian kepada pelanggan misalnya dengan cara : Memberikan layanan antar barang sampai ke rumah untuk jumlah pembelian yang cukup banyak . Bisa melalui parcel/bingkisan saat lebaran atau natal.

usaha-warung-klontong

Tips yang dipaparkan di atas tidak harus dilakukan semuanya. Sebagai langkah awal, pilih tips yang paling mudah dan murah untuk dijalankan. Selamat mencoba, semoga usaha warung kelontong Anda.

Gunawan

Untuk melangkah maju lihatlah ke depan jangan tengok ke arah belakang. Usaha yang sukses adalah bercermin dari kegagalan masa lalu

2 thoughts on “Trik Jitu Mengembangkan Usaha Warung Kelontong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *