Tips Supaya Omzet Toko Kelontong Jadi Meningkat

Membuka peluang usaha toko serba ada atau disebut juga toko kelontong, memberikan keuntungan tergantung dari selisih penjualan. Makin banyak penjualan makin besar juga keuntungan yang akan didapat. Membuka toko kelontong ini, supaya omzet jadi meningkat tentunya dibutuhkan trik trik dan strategi yang benar.

Banyaknya orang yang sudah menggeluti bisnis toko kelontong ini, jumlahnya mencapai ribuan bahkan sampai jutaan di seluruh Indonesia. Potensinya sebagai tiang penyangga ekonomi bagi bangsa sangat penting. Posisi toko kelontong saat ini tak bisa dihilangkan perannya begitu saja.

Oleh karena itu, supaya menghasilkan keuntungan yang maksimal dari toko kelontong yang kita kelola, tidak cukup jika hanya mengandalkan penjualan dari beberapa barang saja yang laku dipasaran. Tetapi juga harus mengandalkan semua barang yang ada di toko tersebut.

Baca Juga : Trik Jitu Mengembangkan Usaha Warung Kelontong

Pada umumnya, presentase keuntungan yang dijual di toko kelontong relatif sangat kecil yaitu kisaran 10 sampai 20% saja. Jika suatu saat kita naikkan harga jual barangnya supaya dapat keuntungan yang besar, tentunya si pembeli akan segera lari, dan justru dapat menurunkan omzet penjualan. Tentu ini yang tidak kita inginkan, Maka dari itu, kita perlu cara , kiat, dan juga strategi yang harus dilakukan. Berikut langkahnya:

Menambahkan Jumlah Item Barang
Barang yang akan dijual di toko kelontong haruslah variatif. Prioritas yang utama tentu saja barang barang kebutuhan sehari-hari, contohnya kebutuhan sembilan bahan pokok dan minuman. Setelah itu baru jenis barang barang yang lainnya. Kita harus peka dalam menentukan barang apa saja yang akan ditambahkan. Penambahan barang dapat diamati dari setiap kondisi lingkungan di mana toko kelontong kita berada. Contohnya coba kita lihat keberadaan para konsumen kita dari segi faktor usia, jenis kelamin, jenis pekerjaan dan juga tempat keramaian di sekitar toko kita (warnet, sekolahan). Kita juga dapat mempertimbangkan suatu musim. Misalnya saja saat ini musim hujan berarti kita harus bisa menyediakan susu jahe, wedang jahe, kopi jahe atau mungkin juga bisa kita jual payung, jas hujan, kain pel. Jangan lupa selalu kita amati merek baru dipasaran. Salah satu strateginya adalah dengan melihat contoh iklan yang tayang ditelevisi karena biasanya merek baru yang sering muncul iklannya di televisi sering dicari oleh para pembeli.

Menyediakan Jasa Layanan Antar
Jika dilingkungan sekitar toko kelontong kita banyak yang karyawan atau pedagang makanan, menyediakan jasa layanan antar dapat meningkatkan omzet penjualan. Seperti banyak diketahui, sudah bukan rahasia lagi jika para karyawan yang ngeKost jarang sekali berada dirumah dan belum tentu si karyawan tersebut sempat belanja apalagi jika di rumah hanya ada ibu kost tentu jika harus mengambil sendiri, misalnya aqua galon tentu repot. Begitu juga dengan pedagang makanan yang kebutuhannya juga banyak dengan menyediakan jasa layanan antar akan membuat si pedagang makanan tersebut leluasa berbelanja tanpa memikirkan bagaimana cara membawanya. Bila perlu berikan nomor handphone sehingga si pembeli bisa memesan barang tanpa perlu datang ke toko kelontong kita.

Menentukan Harga Barang
Jika saat ini dalam menentukan suatu harga barang kita tidak memiliki patokan harga yang jelas, coba deh ubah cara pikirnya sekarang. Mari kita tinggalkan cara kuno tersebut yaitu patokan harga dengan cara ingatan itu. Pada umumnya yang menjadi suatu daya tarik si pembeli adalah harga barang yang murah apalagi item sembako. Untuk itu kita tidak harus berusaha bagaimana caranya agar harga jual barang di toko kelontong kita dikenal murah. Jangan sampai kita sendiri yang memematok harga yang terlalu tinggi, padahal seharusnya barang tersebut bisa murah atau mematok harga murah padahal seharusnya harga barang tersebut tinggi.

Jual Barang Unik
Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri bisa mendatangkan si pembeli yaitu suatu barang yang dijual di toko kelontong kita yang jarang ditemukan di toko lain, Contohnya sandal jepit dengan model yang unik. Jika si pembeli sudah mengetahui kalau di toko kelontong kita menjual sandal jepit yang unik, biasanya si konsumen langsung menuju toko yang di tuju.

Gunawan

Untuk melangkah maju lihatlah ke depan jangan tengok ke arah belakang. Usaha yang sukses adalah bercermin dari kegagalan masa lalu

One thought on “Tips Supaya Omzet Toko Kelontong Jadi Meningkat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *