Tips Sukses Ala Anak BJ Habibie : Ilham Habibie

Kesuksesan anak pertama BJ Habibie yaitu Ilham Akbar Habibie tentunya tak dapat disangsikan lagi. Lulusan dari University Munich ini adalah Seorang President Direktur dari perusahaan PT. ILTHABI Rekatama dengan terobosan inovasi pesawat terbang yang sedang dikembangkannya.

Bersama dengan saudaranya Thareq Habibie, Ilham juga masuk dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia dengan nilai kekayaan sampai mencapai US$ 225 juta (Rp 2,94 triliun) jika dalam Kurs Indonesia Rp 13.088/dolar AS.

Dalam sebuah acara Inspirato yang digelar di SCTV Tower, Senayan, di Jakarta, Selasa (19/7/2016), Ilham Akbar Habibie, berbagi tips bagaimana caranya dia sukses dan juga dia berbagi cerita tentang pengalamannya. Berikut ini tips sukses ala Anak BJ Habibie : Ilham Habibie. Setidaknya tips berikut menjadi sebuah bekal pria ini menjadi orang sukses.

tips-sukses-ala-anak-bj-habibie-ilham-habibie

1. Sabar dan Pantang Menyerah.
Menurut seorang Ilham, untuk menjadi orang yang sukses itu perlu memiliki sifat-sifat berikut ketelitian, kesabaran dan pantang menyerah. Baginya, setiap individu tidak bisa selamanya bisa sukses, karena setiap apa-apa yang akan dilakukannya mungkin saja mendapatkan hasil berupa suatu kegagalan.
“Kegagalan tersebutlah yang dapat membuat Anda jadi tidak percaya diri, tapi anda harus bisa membangkitkan semangat anda sendiri agar dapat mencoba lagi dan lagi,” saran Ilham.

2. Hidup Mandiri
Ilham Habibie menceritakan bahwa ia sejak umur 15 tahun, sudah terbiasa hidup mandiri di Jerman. Saat itu Ilham tinggal sendiri di Jerman, mengerjakan segala sesuatunya dengan sendiri tanpa bantuan sanak keluarga, seperti menyapu, memasak, hingga berbelanja. Karena baginya, orang di Indonesia kurang begitu mandiri, sehingga sering saja mengandalkan orang lain. “Bahkan saya kalau punya masalah, cari solusi dengan sendiri,” ungkap pria berusia 53 tahun ini.

anak-bj-habibie-ilham-habibie

3. Disiplin
Ilham banyak belajar tentang nilai-nilai hidup dari beberapa temannya di Jerman, salah satu sikap yang ditiru adalah disiplin. Menurutnya, orang-orang Jerman sangat begitu disiplin.
“Jika sudah waktunya bekerja ya dia kerja, tidak bakal ada yang ngobrol atau sejenisnya,” ungkap anak pertama BJ Habibie ini.
Ilham pun mengakui kedisiplinan orang-orang Jerman tersebut membuat waktu kerja mereka menjadi lebih efisien, pekerjaan yang dikerjakan secara cepat, dan juga mereka memiliki waktu luang yang amat banyak.

4. Kepercayaan Diri
Ilham bertutur bagaimana saat ia bersekolah pada waktu lampau, dirinya hanya orang satu-satunya yang berasal dari Indonesia, bahkan dari Asia di sekolahnya pada waktu itu.
“Saya merasakan sebagai seorang yang minoritas yang hidup di lingkungan masyarakat Jerman tersebut ” ujar Ilham.

Tapi, hal tersebut tidak membuatnya menjadi minder. Ilham percaya diri dengan apa saja yang dia lakukan. Hal inilah yang bisa mendorong Ilham tetap bertahan di Jerman, dan menjadi salah satu lulusan terbaik di Universitas Munich pada saat itu. Hal tersebutlah yang menjadi batu loncatan kesuksesan seorang Ilham Habibie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *