Tips Peluang Bisnis Cabe : Supaya Tetap Untung

Tips Peluang Bisnis Cabe : Supaya Tetap Untung – Naik Turunnya harga cabai (baik cabe merah, cabe kering, maupun cabe rawit) sering kali terjadi baik itu di tingkat pertanian ataupun di pasar. Agar petani menerima harga yang stabil sudah semestinya para petani mengantisipasi dalam pengelolaan penanaman cabe dilahan pertanian.

Baca Juga : Toko Buah – buahan , bisnis sampingan yang menjanjikan

Gambaran antisipasi yang perlu dilakukan dalam pengolahan cabe Agrobisnis didaerah pertanian, antara lain :

peluang-bisnis-cabe-supaya-tetap-untung1. Kondisi Wilayah
Umumnya tanaman Cabe dapat tumbuh di dataran rendah dari 2000 meter diatas permukaan laut. Cabe juga dapat beradaptasi dengan kelembaban diantara suhu 240-270 yang tidak terlalu tinggi. Tanaman cabe juga bisa ditanam di tanah sawah atau tanah tegalan yang subur, gembur dan tidak terlalu keras, dan juga air yang cukup. Permukaan tanah yang ideal adalah datar dengan sudut kemiringan 0 sampai 10 derajat dan membutuhkan sinar matahari penuh dan tidak berbayang. pH tanah optimum antara 5,5 dan 7.

Tanaman cabe perlu cukup air. Tapi jika jumlahnya terlalu besar dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bakteri penyakit. Jika kekurangan air tanaman cabe menjadi kurus, kerdil, layu dan mati. Untuk penyiraman menggunakan irigasi, air tanah dan air hujan.

2. Varietas
Pemilahan varietas sangat penting untuk menyesuaikan kondisi tanah dan kebutuhan pangsa pasar, kita tahu bahwa dua jenis cabe dipasaran adalahi cabe besar dan cabe rawit. Dan yang lebih disukai adalah cabe besar varietas tanaman cabe besar lebih digemari dibandingkan dari cabe rawit. Jika Anda ingin menanam cabe rawit ada baiknya dibatasi 1/10 tidak lebih dari jumlah lahan yang akan dibudidayakan.

3. Waktu Tanam
Berdasarkan pengalaman yang sering terjadi di lapangan harga cabe umumnya baik pada saat bulan puasa, Idul Fitri dan Tahun Baru,. Antara akhir Juli-Desember Oleh karena itu, harus ditanam cabai pada akhir Mei hingga awal Juni dan akhir Juni dilakukan sampai akhir Juli, sehingga diharapkan panen cabe pada akhir Juli atau awal Agustus dan akhir Agustus atau akhir September.

tips-peluang-bisnis-cabe-supaya-tetap-untung

Selanjutnya tanaman cabe masih bisa menghasilkan hingga 1 s/d 2 bulan sejak awal panen, tergantung masa kesuburan tanah dan proses pemeliharaannya.

Gunawan

Untuk melangkah maju lihatlah ke depan jangan tengok ke arah belakang. Usaha yang sukses adalah bercermin dari kegagalan masa lalu

One thought on “Tips Peluang Bisnis Cabe : Supaya Tetap Untung

  • January 13, 2017 at 9:32 am
    Permalink

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Teknologi Pertanian.
    Dengan membaca artikel anda, pemahaman saya tentang hal tersebut menjadi bertambah.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Pertanian

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *