Tips Membuka Usaha Laundry Rumahan

Untuk perhitungan kasarnya untuk usaha laundry rumahan ini adalah target pemasukan 2.500.000 / bulan (usaha baru buka), setidaknya mereka harus mendapatkan 17 kg cucian per hari (1kg = Rp 5000).

Membuka-Usaha-Laundry-Rumahan

Dan pengeluaran:
Daya = Rp. 350.000 / bulan
Karyawan 1 = Rp.900.000
perkiraan bisa lebih jika ada yang antar jemput dan kalau begitu harus ada dua karyawan. Kecuali anda dapat menangani sendiri dan bantu kekosongan bila karyawan sedang libur.

Bonus Karyawan: persentasenya harus dipikirkan, hitung hitung bagi rezeki. Jika karyawan menerima gaji yang layak dia akan merasa betah. Kami juga enak tidak ganti ganti karyawan.

Deterjen / pelembut / pemutih / parfum = Rp 300.000
(Pakailah dengan merek D * ia) kalau ingin murah bisa lakukan eksperimen sendiri yaitu membuat deterjen sendiri, jika anda ingin berspekulasi tentang masalah kebersihan deterjen. Tapi saya tidak merekomendasikan hal ini ya, karena dijamin pelanggan pasti kabur ke tempat laundry sebelah.

Tips-Membuka-Usaha-Laundry-Rumahan

Plastik, pulpen, isi stapler, nota = Rp 150.000

Biaya transportasi = 250.000 (kendaraan antar jemput cucian) istilah lainnya adalah menjemput bola.

Makanan = harus kita pertimbangkan apakah mereka membawa makanan sendiri atau dari kita yang menyediakan.

Jadi tinggal berapa ? Tidak terlalu begitu banyak, bukan?

Di sini, bukannya saya ingin mematahkan semangat usaha Laundry rumahan tetapi sebaiknya dipertimbangkan secara matang siapakah yang menjadi target kita, kemudian banyak jumlah pesaing di daerah kita yang pada akhirnya menjadi perang harga. kita tidak mau kan usaha kita berhenti ditengah jalan akibat minimnya pendapatan.

Usaha-Laundry-RumahanAda beberapa hal yang harus kita lakukan untuk membuka usaha laundry jika kita ingin tetap eksis, antara lain :

  1. Penentuan target, apakah mahasiswa / rumah tangga/ sekolah perawat. Jika hotel kecil atau villa bisa juga.
  2. Mencari terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan pesaing kita. Sebelum kita akan membukanya, ada baiknya kita mencoba mencuci pakaian di tempat mereka (sebaiknya pakaian berwarna cerah atau putih dan pakaian yang bernoda atau pakaian mudah luntur). Dari sini kita bisa belajar apakah pakaian kita masih putih, masih kotor atau malah luntur.
  3. Mencari tahu harga para pesaing kita sebagai patokan harga.
  4. Apakah Anda ingin menggunakan bahan kimia (Chemical) atau menggunakan deterjen biasa seperti yang biasa digunakan dirumah tangga saat ini
  5. Buat layanan antar-jemput – pick-up dan pelayanan satu hari (pagi datang sore diantar) Jadi tidak perlu untuk pengiriman 3 hari baru diantar. Ini dalam rangka untuk menarik pelanggan sebanyak banyaknya.
  6. Berikan bonus. Misalnya laundry 10 kali dapet gratis 1 kali nyuci.
  7. Kombinasikan usaha laundry rumahan dengan usaha lainnya, misalnya, penjualan aksesoris, baju, kerudung, atau pembayaran online.

Gunawan

Untuk melangkah maju lihatlah ke depan jangan tengok ke arah belakang. Usaha yang sukses adalah bercermin dari kegagalan masa lalu

One thought on “Tips Membuka Usaha Laundry Rumahan

  • February 17, 2017 at 7:31 am
    Permalink

    Thx tipsnya, sangat membantu

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *