Tips Dan Strategi Agar Tetap Fokus Saat Bekerja Di Rumah

Contoh sederhana agar terhindar dari gangguan Anak kecil.
Jadi sekarang, saya bekerja di meja dapur saya yang merupakan kantor rumah saya saat ini. Anakku masih balita mencoba turun dan memutuskan untuk mengambil makanan sendiri sementara aku berada di tengah sedang bekerja dan mencoba menulis artikel ini. Bagaimana Anda menangani situasi ini? Umumnya, kita berada pada jadwal yang sama dan makan siang bersama setiap hari sekitar waktu yang sama namun hari ini ternyata berbeda karena padatnya jadwal. Saya mencoba membuat secara sederhana dengan memasuki area dapur dan membuat makan siang anakku di tempat yang sama tempat saya bekerja dan ternyata ini malah menjadi sebuah gangguan. Ini hanya akan membuat dia kesal dan dia berkata kepada saya , seharusnya saya tidak bekerja di dapur. Dia benar tentu saja ini akan membawa saya ke bahasan berikutnya yaitu area khusus kerja pribadi.

Tips Agar Tetap Fokus Saat Bekerja Di Rumah

Area kerja khusus pribadi ini tentu merupakan sesuatu yang istimewa di kebanyakan rumah dan khusunya diapartemen kecil namun Anda harus berusaha menemukan dan membuat ruang kerja yang berfungsi baik. Jika ada seseorang di rumah bersama Anda sepanjang hari seperti halnya Anak saya, mereka perlu dibuat agar memahami bahwa saya bekerja berada di ruang ini, hal itu tentunya harus dihormati sebagai area kerja. Saya akan coba menjelaskan kepada Anak saya supaya dia dapat bebas kembali kedapur. Memberikan diri Anda penjelasan penting antara rumah dan ruang kerja akan membantu saya bahwa hanya aktivitas kerja yang harus dilakukan di area kerja yang khusus. Penting juga untuk memiliki batasan dan harapan ketika sampai di tempat kerja Anda. Sekarang setelah Anda memiliki area kerja khusus Anda, ada baiknya Anda menetapkan jam kerja Anda disana.

Baca juga : 3 Tahap Merintis Bisnis Rumahan Paling Tepat Bagi Ibu Rumah Tangga

Menetapkan jam kerja Anda

Menetapkan jam kerja Anda. Ini adalah hari kerja Anda, jadi alih-alih bekerja tanpa henti sepanjang hari mengatur jam kerja Anda. Saya biasanya memulai hari saya di suatu tempat di area 10:00 am karena saya terlibat dengan masalah lain di rumah sampai saat itu. Biasanya saya sempatkan untuk istirahat makan siang sekitar jam 1 siang. Setelah makan siang saya biasanya bekerja sampai jam 4.00 – 17.00. Jadi, saya akan mengatakan, saya bekerja dari pukul 10:00 sampai 17:00 dengan satu jam istirahat untuk makan siang. Akan ada hari dimana saya akan memulai lebih awal atau menyelesaikannya nanti tapi setidaknya ada waktu istirahat akan sangat membantu. Begitu Anda memiliki waktu yang cukup maka aturlah hari tersebut menjadi lebih terstruktur supaya apa yang ingin Anda capai segera terwujud.

Berpakaian layaknya dikantor

Berpakaian layaknya dikantor. Pakailah pakaian kasual dan celana pendek ! Mengenakan jenis pakaian ini membuat Anda merasa seperti benar-benar bekerja di kantor dan ini akan membuat Anda rentan terhadap gangguan. Buatlah cara berpakaian untuk setiap harinya seperti yang pernah Anda kenakan dikantor dulu supaya akan memberikan dampak langsung pada kinerja dan produktivitas kerja Anda.

Bekerja di kedai kopi

Baca Juga : Ini Dia 6 Langkah Rahasia untuk Merintis Wirausaha Sukses

Bekerja di lokasi lain. Selain gangguan kerja dari kantor berbasis rumah terkadang bisa sedikit agak kesepian. Saya tahu bahwa ketika saya mulai bekerja dari rumah, saya pastinya akan meninggalkan segala keramaian dan aktifitas hiruk pikuk kerja dikantor. Awalnya agak membingungkan. Toko Kedai kopi yang ada di supermarket terdekat dengan rumah saya menjadi kantor kedua dan tanpa gangguan rumah dan keluarga, saya merasa lebih termotivasi. Itu juga lebih mudah untuk fokus pada tugas yang ada dan saya pasti lebih berhasil. Hal yang demikian juga bagus karena saya berada di sekitar orang lain dan tidak merasa begitu terisolasi jadi bisa bersosialisasi dengan yang lain.

Bertindak seolah-olah Anda akan bekerja

Bertindak seolah-olah Anda akan bekerja. Ini adalah tip yang menyenangkan yang diberikan kepada saya oleh seorang kawan. Dia mengatakan kepada saya bahwa untuk melawan gangguan kerja dari rumah dia membohongi dirinya sendiri dengan berpikir bahwa dia benar-benar pergi bekerja di tempat lain. Dia membentuk rutinitas seperti yang dia dapatkan saat bekerja di kantor. Dia akan bangun setiap hari pada saat bersamaan dan melakukan perawatan pribadinya dan berpakaian untuk pekerjaan. Dia benar-benar akan meninggalkan rumah atau apartemennya, masuk ke mobilnya dan pergi ke suatu tempat. Dia akan kembali ke apartemennya dan memulai hari kerjanya seolah-olah dia telah pergi bekerja. Dia melakukan ini sampai dia cukup disiplin untuk bekerja dirumah sebagai kantornya.

Baca Juga : 5 Tips dan Rahasia Momprenuer Merilis Wirausaha Sukses

Kesimpulan dan pengamatan. Bekerja dari rumah bukanlah untuk menghindar dari semua orang. Anda harus mempunyai disiplin yang mampu menghilangkan gangguan saat sedang bekerja, fokus dan mampu menjadi produktif. Anda juga perlu menjadi komunikator yang baik dan membiarkan keluarga, teman dan tetangga Anda mengetahui harapan dan tujuan Anda tentang hari kerja Anda. Jangan lupa untuk menghargai diri sendiri atas semua usaha Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *