Simak Kisah CEO Bonekamu, Syamsul Arifin Bangun Bisnis Boneka Dengan Omzet 1,5 M

Dari pengamatannya pada bisnis boneka yang kian brilian dipangsa pasar saat ini maka Syamsul Arifin kemudian memutuskan untuk berbisnis boneka. Meskipun pengalaman tidak terlalu begitu banyak dalam dunia bisnis boneka ini tapi dengan modal keyakinan dan ketekunannya, akhirnya ia mampu untuk mencapai titik keberhasilan, saat ini usahanya ia beri nama Bonekamu.

Usaha yang beroperasi di kota Malang ini mampu mencatatkan omzet hingga 1,5 miliar per tahun pada tahun 2012, tidak main main bukan? Bagaimana cerita Syamsul ketika memulai bisnis bonekamu ini berjalan? Berikut kisahnya.

Awal Usaha Syamsul Arifin

Dengan modal perdana Rp 5 juta dari bisnis CCTV yang diperolehnya kemudian Syamsul dapat memulai bisnis dengan menjadi #reseller boneka melalui Internet. Modal yang digunakan saat itu sebagian besar untuk sewa toko pada bulan Juni 2012. Syamsul yang saat itu hanya sebagai Reseller menerima gaji dengan sistem kerjasama atau sitem konsinyasi dari mitra yang diajak kerjasama.

Baca juga Artikel lain : Modal cuma 800ribu pengusaha muda raih ratusan juta

Sebagian besar produk produk bonekamu berasal dari titipan teman-temannya. Bersama dengan istrinya, maka Syamsul memulai bisnisnya dari situs jejaring sosial dan situs belanja online sebagai ajang media promosinya. #medSos dan situs belanja online diakui bagi Syamsul mempunyai dampak yang cukup signifikan karena selain menghemat biaya juga sangan efisien dalam waktu untuk bekerja.

 Owner Bonekamu

Perkembangan Bisnis Bonekamu

Setelah bisnisnya berjalan hampir satu tahun, Saat ini Syamsul mampu mengembangkan dan membuka toko di Jl. Gajayana, Malang pada bulan Juni 2012. Ditoko pertamanya tersebut, bisnisnya tumbuh dan berkembang kemudian tokonya bertambah lagi pada Desember 2012.

Perkembangan Usaha Syamsul disebabkan karena harga jual bonekanya yang sangat kompetitif dan mampu menarik minat konsumen untuk membeli. manajemen yang Syamsul miliki juga mempunyai pengaruh besar pada pertumbuhan bisnisnya. Sebagaimana keuntungan yang didapat Syamsul selalu disisihkan untuk keperluan modal kerja.

Namun demikian, dalam pengembangan bisnisnya, Syamsul mengaku tidak ingin terburu buru dalam melakukan pembukaan cabang baru. Karena Syamsul harus bersabar menunggu moment yang tepat dalam pembukan cabang barunya.

Momentum Bisnis Bonekamu

Pada tahun 2013, ada momentum untuk bisnis Bonekamu yaitu disaat masyarakat demam dengan aplikasi instant messaging pada BlackBerry Messenger (BBM). Jadi di sinilah keuntungan Syamsul untuk memanfaatkan momentum tersebut untuk membuat boneka dengan berbagai varian emoticon #BBM ekspresi yang berbeda, seperti tersenyun, tertawa, dan sedih. Dari sini tumbuh dari bisnis Syamsul dengan pergerakan yang sangat cepat, karena produk yang dijual konsumen mampu ditembus oleh pasaran.

Baca Juga : Meskipun Tubuh Tidak Sempurna , Monang Sukses menjadi Pengusaha & Atlet

Bahkan, karena permintaan yang begitu tinggi, distributor pun sampai kewalahan dalam membuat boneka. Dari sini Syamsul diperpanjang lagi bisnisnya dengan mempekerjakan dua orang karyawan dan juga membeli mesin jahit. modal pengembangan tersebut itu sendiri selain dari hasil keuntungan juga didapatnya Syamsul melalui kredit pinjaman dengan pihak Bank.

Owner Bonekamu Raih Omset 1,5 M

Kendala bisnis Bonekamu

Diakui Syamsul bahwa beberapa kendala dan keterbatasan di sana sini dan kualitas jahit yang kurang memuaskan dan juga tidak terpenuhi banjir pesanan yang sedang dihadapi. Untuk menghadapi keterbatasan tersebut, maka jalan lainnya adalah dengan menambah staf, membeli peralatan dan juga memperkerjakan tenaga paruh waktu.

Pemasaran Bisnis Bonekamu

Setelah mengalami perkembangan yang cukup pesat ini Syamsul melakukan pemasaran. Ya, selain menjaga penjualan melalui toko dan media sosial, Syamsul juga membuat situs yang lebih profesional untuk bisnisnya yaitu website bonekamu.co,id , bone kamu.com dan juga bantalleher.net. Ketiga situs profesional tersebut mempunyai fungsi yang berbeda.Untuk bonekamu.com dimana artikelnya membahas tentang penjualan sekaligus sebagai pemasaran Bonekamu.

Sementara dengan bonekamu.co.id mempunyai andil dalamseluk beluk proses pengiriman, untuk memeriksa produksi dan juga testimonial dari para pelanggan. Dan situs itu sendiri mempromosikan bantalleher.net khusus produk terlaris dari bisnis Syamsul. Dari langkah langkah tersebut yang ditempuh oleh Syamsul, maka ia pun sanggup memperluas wilayah peta pemasaran meliputi kota-kota besar di Jawa Tengah, Jawa Timur dan juga Jawa Barat seperti Bekasi, Depok , Bandung, Garut, Indramayu, Tasikmalaya, Karawang, Kuningan, Sukabumi. Tak ketinggalan juga ibukota Jakarta dan kota besar seperti Makassar sudah mampu ia gapai pemasarannya oleh Syamsul.

Gunawan

Untuk melangkah maju lihatlah ke depan jangan tengok ke arah belakang. Usaha yang sukses adalah bercermin dari kegagalan masa lalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *