Semangat Untuk Bisa Bermanfaat Bagi Sesama

Perempuan yang mempunyai semangat luar biasa dan berhati mulia! Itu kesan yang muncul di benak saya setelah mengenal Irma Suryati. Kisah perempuan penderita lumpuh yang berhasil membangun bisnis sampai beberapa kali muncul di berbagai acara televisi, diantaranya Kick Andy Heroes Metro TV, dan berbagai acara lainnya. Pengusaha keset kelahiran Semarang 1 Januari 1975 ini mempunyai prinsip, ”Seburam-buram harapan selalu ada celah yang bisa membawa berkah dan peluang di masa depan.” Dengan prinsipnya ini, kelumpuhannya tidak menjadi hambatan untuk menjadi orang yang berhasil.

Irma_Suryati_Pengrajin_KesetUsaha membuat keset dirintis Irma sejak tahun 1999, Dengan memanfaatkan limbah konveksi berupa kain sisa potongan dari penjahit borongan dan pabrik garmen di dekat rumahnya. Awalnya, keset Irma dibuat untuk digunakan sendiri, lalu ditawarkan kepada teman dan tetangga. Ternyata jumlah pesanan berkembang semakin banyak. Sejak itu, itu Irma membulatkan tekad untuk memperbesar usahanya. Setelah menikah dengan Agus Priyanto yang seorang pelukis, Irma semakin kreatif membuat berbagai bentuk dan model keset yang menarik dan unik. Irma pun mulai merekrut pekerja karena banyaknya pesanan.

Baca juga : Meskupun Tubuh Tidak Sempurna – Monang Siagian Sukses menjadi Pengusaha dan Atlet

Produk buatan Irma berhasil menembus pasar nasional bahkan sampai ke luar negeri seperti Jerman, Australia, Turki, dan Jepang. Keset yang dijual dengan harga antara Rp 15.000–Rp 35.000 ini sekarang omzetnya mencapai 40-50 juta rupiah per bulan, dengan mempekerjakan 2.500 pengrajin dan 15 tenaga pemasaran.

Irma_Suryati_Pengusaha_Keset Hebatnya, 150 dari pengrajin yang direkrut Irma merupakan penyandang cacat, waria dan pekerja seks komersil (PSK) yang ingin memperbaiki hidupnya. Kepedulian kepada para waria dan PSK ini telah membuahkan hasil, mereka telah mampu membuka gerai sendiri di perumahan Limas Agung, Purwokerto. Bisnis Irma kini telah berbadan hukum dengan merk usaha dagang (UD) Mutiara Equipment. Jenis produknya pun bertambah, selain keset yang berbahan kain anel, juga ada kotak tissue dari lidi dan anyaman pandan.

UD Mutiara EquipmentRencana mulia Irma ke depan adalah membuat pabrik yang pekerjanya khusus para penyandang cacat, dengan menyediakan fasilitas tempat menginap untuk mereka. Irma ingin menunjukkan pada semua orang, bahwa penyandang cacat mampu untuk kreatif dan mandiri.

Irma_Suryati_&_Suami

Kiat Sukses :

  1. Jangan jadikan kekurangan sebagai kelemahan, namun jadikan kekurangan sebagai kelebihan.
  2. Kreatif memanfaatkan bahan baku
  3. Ciptakan produk yang unik

Gunawan

Untuk melangkah maju lihatlah ke depan jangan tengok ke arah belakang. Usaha yang sukses adalah bercermin dari kegagalan masa lalu

One thought on “Semangat Untuk Bisa Bermanfaat Bagi Sesama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *