Sate Tegal Abu Salim : Sate Kambing Empuk & Nasi Kabsah Berempah

Kalau lagi mampir di daerah sekitaran Condet, kalian bisa mampir dan menikmati paduan makanan khas Jawa Timur dan Timur Tengah di satu tempat. Seperti sate, krengsengan hingga nasi kabsah berbahan olahan kambing.

Sate Tegal Abu Salim dapat menjadi tujuan untuk menyantap olahan dari daging kambing. Tempatnya tak pernah sepi dari pengunjung apalagi disaat waktunya jam makan siang atau makan malam.

Saat kita masuk ke dalam rumah makan tersebut, di bagian depan terdapat area penjualan berbagai panganan dan camilan. Antara lain jajanan tradisional, bumbu masak, yogurt, roti maryam, makanan beku, serta kue kamir.

Masuk lebih dalam lagi akan tampak tempat masak di sebelah kiri baru setelahnya adalah area makan. Di tempat area makannya, pengunjung bisa memilih duduk di lesehan atau dikursi.

Adapun menunya, terdapat beragam pilihan sate ati kambing, ayam dan daging kambing. Selain itu terdapat juga nasi kabsah, nasi kebuli, gule kambing, kari kambing, krengsengan dan sop kambing. Memang kebanyakan menu sajiannya menggunakan daging kambing Tegal.

Setibanya disana kami mencoba Sate Daging Kambing (Rp 75.000). Sebanyak 10 tusuk sate kambing yang disajikan dalam hot plate. Pelengkapnya ada 4 piring yang berisikan sambal rawit, bawang merah, kecap manis, tomat, saus kacang dan jeruk nipis. Sehingga pengunjung bisa memilihnya sesuai selera.

Pemanfaatan hot plate menjaga daging kambing muda tetap panas dengan selipan lemak. Membuat daging kambing yang empuk dan tidak alot ini tetap hangat di setiap gigitanbta. Rasanya pun enak karena tidak ada bau gosong ataupun prengus.

Daging Kambing sangat cocok dicocol dengan kecap manis, tomat dan bawang merah kalau mau rasanya enak dan segar. Jika kalian suka kacang, gerusan dari saus kacang yang agak kasar tak kalah enaknya.

Selanjutnya kami mencicipi Krengsengan (Rp 50.000) makanan khas Jawa Timur. Warnanya agak kecokelatan menyerupai kuah semur tetapi lebih kental lagi. Begitu pun rasanya hampir cukup mirip semur. Tetapi lebih gurih, tajam rempah dan pedas.

Berikut ini adalah sisi yang paling kami suka yaitu racikan dari olahan daging kambingnya. Daging kambingnya dimasak sampai begitu sangat empuk mungkin melalui suatu proses masak yang cukup lama. Sampai kami tidak ada kesulitan dalam memotong dagingnya dari tulang memakai sendok. Pastinya sangat cocok dengan nasi hangat saat disuap hangat hangat.

Kami juga tidak melewatkan Nasi Kabsah Kambing (Rp 65.000) di Sate Tegal Abu Salim. Nasi putih ini memakai beras impor dengan butiran panjang sejenis Basmati.

Pada permukaannya ada taburan kismis, daging kambing goreng beserta emping. Acarnya yang berisi mentimun dan nanas sebagai pendampingnya.

Nasi kabsah berporsi cukup besar dan di sini kaya rempah serta rasanya yang gurih. Seperti ada paduan kayu manis , cengkih, kapulaga dan jintan. Sedap dan gurih! Apalagi saat dimakan dengan acar pedas segar dan pastinya dengan daging kambing.

Memang sudah terbukti daging kambing gorengnya begitu empuk. Rasanya pun gurih. Membuat nasi beserta daging kambingnya ludes sampai tak bersisa.

Kalau mau makan cemilan, Sate Tegal Abu Salim menyediakan roti maryam dan sambosa. Ada juga susu kambing dengan pilihan dingin atau panas.

Reviewnya

Alamat :
Jl. Raya Condet No. 2
Balekambang
Jakarta Timur
Telp: 021-80878632

One thought on “Sate Tegal Abu Salim : Sate Kambing Empuk & Nasi Kabsah Berempah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *