Sandiaga Salahuddin Uno – Ada Sosok Pengusaha Sukses Di Balik Wagub DKI Jakarta

Siapa yang tak kenal Sandiaga Uno, seorang wakil gubernur DKI Jakarta yang sebelumnya menjadi seorang pengusaha sukses. Saat ini, pria yang mempunyai nama lengkap Sandiaga Salahuddin Uno ini memiliki kekayaan yang sangat besar. Sebuah majalah luar negeri, Forbes pada tahun 2009 pernah membeberkan kekayaannya yang mencapai 400 juta US dollar dan membuatnya menjadi orang terkaya nomer 29 di Indonesia. Tapi, kesuksesan yang telah diraih pak Wagub ini tidak hanya didapat dengan sekejap mata. Banyak halangan dan rintangan yang harus dilalui oleh pria yang akrab disapa Sandi Uno ini. Nah, untuk memberikan informasi yang singkat dan jelas, kami akan membagikan secuil perjalanan hidup Sandiuno sebelum sukses seperti sekarang.

Perjalanan Karir Sandiaga Uno

Dulunya, pria berumur 48 tahun ini pernah menempuh pendidikan tinggi di negara Paman Sam. Mahasiswa lulusan Wichita State University ini, bahkan mendapatkan gelar cum laude saat ia lulus. Kepintaran Sandi Salahuddin Uno membuktikan bahwa ia memang memiliki potensi yang sangat besar. Terbukti, ia juga mendapatkan sebuah beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya ke George Washington University. Di sini, Sandi Uno belajar tentang ilmu Administrasi Bisnis. Sekali lagi, Sandiaga Uno membuktikan bahwa ia memang orang yang pintar. Saat lulu, ia mendapatkan IPK cum laude sempurna – 4,00. Tahun 1994, Sandi Uno berkesempatan untuk bergabung dengan MP Holding Group dan di Seapower Asia Investment sebagai seorang manager investasi.

Perjalanan Karir Sandiaga Uno

Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 1995 Sandi Uno melanjutkan karirnya di Kanada untuk menjadi seorang Executive Vice President di NTI Resources. Setelah 2 tahun menjadi seorang yang memiliki jabatan tinggi di perusahaan ini, Sandiaga Salahuddin Uno mendapat cobaan karena NTI Resources juga terkena dampak krisis moneter dunia yang membuat perusahaan ini bangkrut. Akhirnya, Sandi Uno pun kembali ke negara Indonesia karena dia sudah tidak memiliki jabatan di perusahan ini. Namun, hal ini tak membuat pria yang memiliki tiga anak ini patah arang. Keputusan untuk menjalankan sebuah bisnis pribadi, membuatnya lebih bersemangat untuk bangkit lagi.

Baca Juga : Tips Usaha Jokowi

Sandiaga Salahuddin Uno mendirikan sebuah perusahaan di bidang penasehat keuangan dengan kawan sekolahnya dulu, nama perusahaan itu adalah PT Recapitol Advisors. Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 1998 Sandi Uno mendirikan lagi sebuah perusahaan investasi bersama anak dari mentor bisnisnya. Perusahaan yang bernama Sarotaga Capital ini bergerang di bidang telekomunikasi, hasil hutan, dan pertambangan. Karena channel yang dimiliki oleh politisi Gerindra ini sangat luas, kedua perusahaan yang didirikan oleh Sandi Uno menjadi sangat sukses. Bahkan ada juga beberapa perusahaan yang dibenahi oleh Wagub DKI Jakarta ini, seperti PT BTPN, Astra Microtonics, dan PT Dipasena. Di samping itu, Sarotaga Capital yang dipimpin oleh Sandi Uno memiliki pegawai yang sangat banyak – yaitu sekitar lebih dari 20 ribu orang.

Puncak Karir Sandiaga Uno

Konsistensi dan semangat suami pria berdarah Gorontalo ini, membuatnya masuk dalam majalah Forbes yang menginformasikan dia sebagai orang terkaya nomor 122 di Indonesia. Awalnya, kekayaan Sandiaga Salahuddin Uno adalah sekitar 80 juta dollar. Kekayaan Sandi Uno semakin meningkat, dan akhirnya ia menjadi orang terkaya di Indonesia nomor 29 dengan taksiran kekayaan 400 juta US dollar. Selain itu, salah satu maskapai penerbangan besar di Indonesia, Mandala Airlines juga dibeli sahamnya sebesar 51 persen. Di sisi lain, Sandi Uno adalah sosok dermawan yang memiliki peran aktif dalam beberapa organisasi besar. Karena banyak potensi ada dalam diri pria yang lahir di Pekanbaru, ia sekarang menjadi Wagub DKI melalui perannya dalam partai politik besar Gerindra.

Sandiaga Salahuddin Uno – Wagub DKI Jakarta

Sebagai wakil gubernur yang baik, Sandiaga Salahuddin Uno meninggalkan jabatannya di Sarotaga Capital. Sekarang, ia menghabiskan waktunya untuk mengabdi pada masyarakat Indonesia – terutama di DKI Jakarta. Pria yang memiliki pembawaan tenang ini, banyak memberikan manfaatnya pada orang lain. Sebagai seorang yang berguna bagi orang lain, Sandi Uno memberikan suatu kalimat motivasi yang kuat – “Apabila kita terus mencoba untuk belajar dari kesalahan dan kegagalan, maka hal itu akan menghantarkan seseorang pada puncak kesuksesan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *