Persiapan Untuk Membuka Bisnis Travel

Tak dapat disangkal bisnis agen travel semakin diminati. Meningkatnya jumlah maskapai yang membuka rute baru dan harga murah tiket untuk membuat para pengguna jasa transportasi udara berpaling menggunakan pesawat terbang. Hal ini dimanfaatkan oleh sebagian para pengusaha untuk membuka jasa travel, termasuk saya sendiri. Namun, dalam rangka membuka usaha ini diperlukan persiapan yang mantap. Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan :

Jika modal kita terbatas, Pilih agen yang memiliki akses ke semua maskapai yang memiliki sistem yang lengkap dan menyediakan rekapan data penjualan tiket, Print out tiket sendiri dan yang lainnya. Jika kita memiliki modal yang cukup besar, kita bisa pilih di maskapai manapun.

Ruang untuk operasional. Untuk langkah awalnya, ruangan tak perlu yang besar. Ukuran 3 × 3 cukup untuk awalan.

Perangkat komputer lengkap dengan jaringan internet. Tanpa 2 hal tersebut kita mungkin tidak dapat melakukan bisnis ini. Peralatan komputer ini harus dilengkapi dengan printer untuk mengeluarkan hasil cetak tiket yang diissued.

Persiapan-Membuka-Bisnis-Travel

Membuat media promosi untuk usaha kita. Tidak perlu mahal tapi cukup menarik. Seperti spanduk, stiker atau pendukung poster. Tunjukkan kepada masyarakat bahwa kita membuka bisnis jasa penjualan tiket.

Mencari karyawan yang memiliki pengalaman minimal 1 tahun di bidang ticketing. Atau jika anda ingin mengurangi biaya bulanan, kita dapat melakukan ticketing sendiri untuk langkah awalnya.

Untuk tahap awal, kita jangan mengharapkan laba begitu banyak. Pengalaman yang sudah terjadi, butuh waktu sekitar 3 sampai 6 bulan untuk dapat menghasilkan profit. Hal lain yang penting adalah hubungan atau relasi. Carilah relasi yang banyak.

Membuka-Bisnis-TravelJika upaya kita telah baik dan mendapatkan hasil yang lumayan, kita bisa dengan cara lain, seperti untuk mengembangkan yang lain, misalnya, hotel atau paket wisata. Jangan takut untuk bersaing dengan agen travel yang besar. Mereka juga dahulu beranjak dari travel yang kecil.

Gunawan

Untuk melangkah maju lihatlah ke depan jangan tengok ke arah belakang. Usaha yang sukses adalah bercermin dari kegagalan masa lalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *