Modal Rp 1,3 Juta, Bisnis Kafe Susu Beromzet Ratusan Juta – Muhammad Idris

Semakin banyaknya anak muda yang menggeluti bisnis kafe. Salah satunya adalah Mohamad Faisal Hidayat. Pria yang baru saja diwisuda ini memulai bisnis kafe serba susu, mulai dari gerai kecil hingga memiliki 15 kafe serba susu yang diberi nama “Its Milk”, tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Lombok.

Faisal membagi cerita kepada pembaca semua, ide untuk membuka kafe susu ini muncul ketika ia mengikuti kegiatan pengabdian masyarakan yang diadakan oleh kampus tempat ia kuliah di sentra susu Gunungpati, Semarang.

“Idenya nya muncul pada saat program pengabdian masyarakat, melihat sumber susu dekat dengan kampus di desa Gunungpati, lalu melimpahnya susu yang kurang diimbangi dengan konsumsi susu di pasaran. yang awalnya saya berencana akan membuka kafe kopi, saya pikir bagaimana jika diganti dengan susu saja, dan juga untuk pasarnya masih luas sekali, nilai jualnya juga tinggi,” ucap Faisal.

Baca Juga : Hanya Jual Kripik , Cowok Lulusan SMA punya Omzet 7 Milyar perBulan

Jeli dalam melihat peluang, Faisal memulai bisnisnya dari sebuah gerai kecil yang disewanya pada September 2013 lalu di Jalan Cempaka, Sekaran, Semarang. Gerai itu tak jauh dari tempatnya berkuliah di Jurusan Elektro, Universitas Negeri Semarang.
Faisal memulai bisnisnya dengan uang sebesar Rp 1,3 juta. Sementara itu peralatan masaknya dia pinjam dari sang ibu.

Kafe susu pertamanya hampir tidak pernah sepi pengunjung. Banyak anak – anak muda berdomisili di Semarang, khususnya mahasiswa, doyan nongkrong berlama-lama sambil menikmati minuman yang dijual disana.

Keuntungan yang didapat dari gerai pertamanya diputar kembali untuk melebarkan sayap bisnisnya. Faisal yang sebelumnya hanya memiliki 2 karyawan, termasuk pacarnya itu, saat ini sudah memiliki 150 karyawan yang tersebar di 15 gerai.

Omzetnya sudah mencapai ratusan juta rupiah dan mengalir ke kantong Faisal dari 15 gerai kafe tersebut.

“Omzet Its Milk sekarang di kisaran terkecil sebesar Rp 30 juta per outlet sebulan, terbesar Rp 250 juta per outlet per bulan, kalau dirata-rata ya sekitar Rp 65 juta sebulan per outlet. Sehari satu oulet rata –  rata bisa menghabiskan 50 liter susu, kalo weekend bisa sampai 100 liter kalau di outlet yang ramai,” jelas Faisal yang baru bisa menyelesaikan kuliah di semester ke-11 ini.

Baca Juga : Dengan Gigih , Meraih Sukses sebagai distributor sandal

“Sedikit telat karena semasa kuliah saya juga fokus di bisnis dan organisasi,” cerita Faisal soal alasan kuliahnya yang molor.

Sesuai target pasarnya yakni anak muda, harga produknya dibanderol kisaran Rp 6.000 sampai Rp 15.000. Selain minuman susu dengan beragam olahan dan rasa, pria asli Brebes ini meracik aneka makanan lainnya seperti sosis bakar, kentang goreng, pasta, dan sebagainya.

Faisal mempunyai rencana untuk membuka outlet di pusat perbelanjaan. Soal marketing, Faisal berbagi tips untuk pebisnis pemula.

Menurutnya, salah satu kunci sukses merintis bisnis adalah pandai dan jeli dalam mengemas produk dan setiap usaha yang dibuka harus memiliki karakter yang mudah diingat pelanggan.

“Kemaslah produk dengan baik. Ciptakan logo yang baik, yang dapat menjelaskan produk yang kalian ingin jalani. Miliki karakter usaha, baik dari segi warna identik dan produk. Jika semua sudah siap, edukasikan kepada target pasar, agar menjadi top of mind. Misalnya ketika orang berpikir susu maka yang terbenak langsung adalah Its Milk,” pungkasnya.

One thought on “Modal Rp 1,3 Juta, Bisnis Kafe Susu Beromzet Ratusan Juta – Muhammad Idris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *