Meskipun Tubuh Tidak Sempurna – Monang Siagian Sukses Menjadi Pengusaha dan Atlet.

Bagi kita yang memiliki anggota tubuh lengkap dan normal, tidak pernah kepikiran bagaimana sulit untuk hidup dengan kondisi tubuh tidak lengkap. Tentu akan ada banyak sekali kesulitan yang harus diatasi, bahkan untuk hidup mandiri tentu saja saya yakin itu terasa sangat berat. Tidak jarang penyandang cacat dapat menjadi penghalang bagi seseorang untuk terus maju dan juga untuk dapat unggul serta berprestasi dalam berbagai hal.

Tapi keluhan dan kesulitan yang mungkin dialami oleh kebanyakan orang penyandang cacat tampaknya tidak berlaku untuk Monang Siagian. Ya Monang salah satu dari mereka yang hidup dengan anggota badan yang tidak utuh. Namun Monang tidak menyerah walaupun dalam situasi dengan keadaan yang menimpanya, ia masih berusaha untuk menjadi orang yang berprestasi, dan berusaha untuk menjadi sukses. Seperti apa kisah yang membuat kita jadi terinspirasi ini? Simak ceritanya dibawah ini.

Monang Siagian Sukses Bisnis Rumah Rumahan Berbie
Monang Siagian Sukses Bisnis Rumah Rumahan Berbie

Upaya Monang Siagian dalam melawan keterbatasan
Kita sering melihat banyak orang dengan kekurangnya anggota fisik dan hal tersebut diambil manfaatnya untuk mendapatkan rasa iba dari orang lain. Mereka biasanya menjadi pengemis di jalanan atau bahkan di pasar.

Tapi keadaan yang demikian tidak berlaku bagi Monang, ia adalah seorang tokoh yang tangguh dalam perjuangan menghadapi realitas kehidupan. Meskipun kondisi anggota tubuh yang tidak utuh, ia terus berjuang dan menjalani hidup dengan penuh optimisme. Meskipun pria cacat yang lahir 15 Juli 1962 tidak ingin menjadi beban bagi orang lain.
Baca Juga : Semangat untuk bisa bemanfaat bagi sesama

Dia tidak tinggal diam, dia mencoba bertahan hidup dengan cara berwirausaha. Monang Siagian selalu berpikir untuk melakukan peluang bisnis yang dapat ia kerjakan bagi dirinya. Dalam proses berpikir, kemudian Monang menemukan #ide usaha yang sangat baik untuk dikerjakannya. Idenya adalah membuat usaha rumah rumahan barbie.

Monang membuat rumah Barbie terbuat dari triplek. Ternyata produksinya tersebut disambut oleh pasar. Hingga saat ini produk Monang sudah tersedia di berbagai daerah di Indonesia seperti di Jambi, Pekanbaru, Kalimantan dan Surabaya.

Selain sukses sebagai seorang pengusaha, ia juga sukses menjadi seorang Atlet.
Meskipun Usaha yang dijalankan Monang terbilang sukses, namun ia mencapai kesuksesan tidak didapat begitu saja. Ada proses berliku yang harus dijalani, dan sering mengalami kegagalan. Selain ia memiliki karir yang sukses sebagai seorang pengusaha dan ternyata Monang adalah seorang atlet yang mempunyai prestasi. Awal cerita untuk menjadi seorang atlet ketika dia masih duduk di sekolah dasar ketika itu ia ditawari pekerjaan oleh seseorang untuk menjadi pemungut bola tenis dilapangan.

Monang penyandang cacat yang tidak memiliki kaki, kemudian mendapat raket pertama kali dari seseorang yang sering berlatih di lapangan tersebut. Dari sanalah Monang sering bermain dan berlatih setiap harinya. Dua tahun kemudian Monang mencoba peruntungan dengan berpartisipasi di Piala Kejuaraan Ibu Tien Soeharto untuk Cabang tenis kursi roda. Pada saat itu ia mewakili Jakarta, an ternyata dia menang dan menjadi Juara. Mulai saat itulah ia menekuni olahraga tenis khususnya untuk pengguna kursi roda.

Semangat Monang Siagian Dalam Bisnis Rumah Rumahan Berbie
Semangat Monang Siagian Dalam Bisnis Rumah Rumahan Berbie

Karir Monang Siagian Sebagai seorang atlet
Karir Monang di dunia atlet bisa dibilang cukup panjang. Ada banyak kompetisi yang diikuti oleh Monag. Dia pernah menjadi atlet yang mewakili Sumut di PON antara orang-orang penyandang cacat di Palembang di tahun 2002.

Selain bermain tenis, ia juga pernah dikontrak untuk mengambil bagian dalam perlombaan lari kursi roda untuk mewakili provinsi Sumatera Utara. Puncak prestasi Monang sebagai atlet adalah ketika ia terpilih untuk mewakili Indonesia untuk ikut di kejuaraan di luar negeri.

Berbagai kompetisi di luar negeri pernah ia ikuti, seperti di Korea, Thailand,Belanda dan Jepang. Dia juga mengikuti kejuaraan Olimpiade di Melbourne antara penyandang cacat di Inggris. Saat ini, ketika ia pensiun dari dunia olahraga , ia memutuskan untuk menjadi pengusaha. Ia pun menjalani bisnis rumah-rumahan Barbie, tapi dia juga memproduksi miniatur bus, dan juga menjual furniture untuk hiasan rumah rumahan barbienya.

Gunawan

Untuk melangkah maju lihatlah ke depan jangan tengok ke arah belakang. Usaha yang sukses adalah bercermin dari kegagalan masa lalu

2 thoughts on “Meskipun Tubuh Tidak Sempurna – Monang Siagian Sukses Menjadi Pengusaha dan Atlet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *