Menjelang Pergantian Tahun Nanti, Pengrajin Trompet ini Banjir Pesanan

Menjelang perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 para pelaku pengusaha dalam bidang ekonomi kreatif mulai banjir pesanan. Salah satunya ialah pengrajin trompet bernama Rusli di daerah Jalan Pelajar Ujung, Kecamatan Medan Denai, Kelurahan Binjai.

Rusli mengakui, dirinya sudah mulai mengerjakan pesanan terompet sejak bulan Oktober yang lalu. Bahkan sekarang, dia kini sudah mampu memproduksi ratusan sampai ribuan trompet untuk malam tahun baru nanti.

“Mulai bulan Oktober lah Rusli sudah mulai dapat pesanan terompet. Sampai saat ini sudah sekitar 30% orderannya yang masuk lebih rendah dibandingkan tahun yang lalu,” tutur Rusli, Kamis (15/12).

Di rumah yang ia tempati semi permanen, bersama anak dan istrinya ia mengerjakan ribuan pesanan trompet untuk menyambut malam tahun baru. Jenis trompet yang ia kerjakan pun beraneka ragam. Mulai dari jenis yang biasa, bentuk sepeda, bentuk naga, bentuk kupu kupu, terompet yang bergambar tokoh kartun hingga bentuk becak.

Saat ditanya dari mana asal pemesan trompetnya, Rusli pun mengatakan pemesannya tidak hanya berada dari kota Medan, namun ada juga yang dari luar kota hingga luar kota provinsi seperti Riau.

Mengenai patokan harga, Rusli membukanya dengan harga mulai dari Rp 3.500 sampai Rp 100 ribu. Dia mengaku enggan untuk menaikkan harga terompet karena lantaran harus bersaing dengan trompet plastik yang berasal dari buatan pabrik.

“Kalau saya buat harga tetap sama seperti tahun sebelumnya. Saya tidak berani untuk menaikkan harga dikarenakan saat ini banyak pabrik-pabrik yang sudah membuat trompet dari plastik, takut kalah saing” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *