Langkah-Langkah Untuk Membuat SIUP

Jika kamu salah satu pelaku dalam dunia perdangangan, mungkin sudah tak asing lagi dengan hal yang satu ini. SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan adalah dokumen dibutuhkan yang bersifat wajib bagi perseorangan ataupun suatu badan usaha yang membuat usaha perdagangan. Ini bisa disebut sebagai first step atau langkah awal agar usaha kamu terdaftar dan mendapatkan izin di bisnis perdagangan. SIUP merupakan salah satu Tips Usaha yang penting dalam pengembangan bisnismu. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagian langkah untuk mendaftar SIUP. Cermati dengan seksama ya!

Persiapan itu Penting

Persiapan inilah hal yang paling utama. Ibarat mau perang tapi kamu tak tahu harus bawa amunisi apa. Inilah yang terjadi jika kamu tak menyiapkan dari awal. Pasti akan sangat merpotkan. Awalnya,kamu seharusnya tahu lokasi dimana kamu bisa mendaftarkan SIUP dan berkas apa saja yang harus dibawa.

Nah, nanti kamu juga akan membuat SIUP sesuai dengan kategori besarnya modal yang kamu gunakan dalam pendirian usaha milikmu. Rinciannya adalah : SIUP Besar dengan modal di atas 500 juta, SIUP Menengah dengan modal antara 200-500 juta dan SIUP Kecil untuk modal lebih kecill atau sama dengan 200 juta

Untuk Tempat Pengurusan  dalam mendaftar SIUP 2017 dilakukan di Kantor Dinas Perdagangan di tingkat kabupaten atau kotamadya, selain itu pengurusan SIUP juga bisa dilakukan di Kantor Pelayanan Perizinan daerahmu. Dokumen juga perlu disiapkan dengan baik untuk syarat Administrasi lho. Jadi persiapkanlah dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat administrasi. Persyaratan administrasi dalam pembuatan SIUP dibedakan menurut jenis ataupun bentuk usaha yang di jalankan. Pembagiannya adalah:

  1. Dokumen Bagi Perseroan Terbatas (PT)

Yang perlu disiapkan disini adalah fotocopy dari berkas berikut : KTP milik Penanggung Jawab, Dirut atau Pemilik Saham, NPWP, SITU,  Kartu Keluarga, Akta Pendirian yang disahkan oleh Menhum dan HAM. Surat Fotokopi dari Surat Keputusan Pengesahan oleh Badan Hukum dari Menhum dan HAM, Izin Gangguan, Izin Prinsip, Neraca perusahaan, dan Izin teknis instansi jika hal ini diminta. Selain itu jangan lupa bawa pasfoto dengan ukuran 4x 6 sebanyak 2 lembar dengan materai senilai 6000.

  1. Dokumen Bagi Koperasi

Untuk bagian koperasi ini yang wajib dibawa hampir sama kok yaitu Fotokopi KTP Dewan Pengurus beserta Dewan Pengawas Koperasi, NPWP, SITU, Akta Pendirian Koperasi yang disahkan, Daftar susunan Dewan Pengurus beserta Dewan Pengawas. Materai 6.000 dan pasfoto 4×6 sebanyak 2 lembar pemilik jangan lupa dibawa. Tips Mendaftar SIUP yang lain adalah cek apakah ada izin lain yang harus diurus, misalnya AMDAL (jika usahamu ada limbahnya dan berdampak pada lingkungan).

  1. Oleh Perusahaan Perseorangan

Kamu perlu menyiapkan fotokopi hal berikut: KTP pemilik, SITU,  NPWP, Neraca Perusahaan, Pasfoto 2 lembar dengan ukuran 4×6 beserta Materai senilai 6.000, dan cek apakah ada izin lain yang harus diurus.

  1. Untuk Perusahaan Perseroan Terbuka

Jika bentuk usaha berupa Perusahaan Perseroan Terbuka, maka yang harus dipersiapkan olehmu adalah Fotokopi berkas: KTP pemilik, SIUP sebelum berubah ke perseroan terbuka, Akta Notaris Pendirian dan persetujuan perseroan tertutup ke terbuka. Surat keterangan yang dibuat oleh Badan Pengawas Pasar Modal yang menyatakan bahwa perusahaan telah melakukan penawaran umum secara luas juga terbuka, STP-LKTP tahun buku terakhirdan pasfoto pemilik dengan ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.

Baca Juga : Cara Mudah Agar Merek Dagang Kamu Terdaftar pada Ditjen HKI

Catatan tambahan: Jika kegiatan usaha bukan milik kamu, maka harus ditambah dengan Surat Izin Pemilik untuk bukti ketidakberatan atas penggunaan tanah atau bangunan. Surat Izin ini nanti ditKamu tangani di atas materai sebagai bukti perjanjian menyewa.

Pendaftaran

Setelah berkas di persyaratan administrasimu sudah kamu siapkan, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkannya. Ini dia langkah-Langkah dalam mendaftar SIUP :

  1. Ambillah formulir pendaftaran atau surat permohonan di Kantor Dinas Perdagangan daerahmu
  2. Mulailah mengisi formulir pendaftaran dengan tanda tangan di atas materai dan kamu rangkap sebanyak 2 kali.
  3. Membayar tarif untuk pembuatan SIUP dengan besarnya berbeda disetiap daerah karena diatur sesuai perda.
  4. Mengambil Surat Izin Usaha Perdagangan setelah 2 minggu pengurusan.

Perlu diketahui lho, jika kamu menggunakan jasa orang lain saat mendaftar SIUP milikmu, maka kamu diwajibkan melampirkan surat kuasa bermaterai yang telah ditanda tangani oleh direktur/ pemilik.

Bagaimana dengan Tips Usaha mendaftar SIUP di atas dengan langkah-langkah yang paling lengkap? Apakah kamu sudah siap mendaftar SIUP? Segera daftarkan agar bisnismu mempunyai legalitas usaha dan dapat berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *