Kreasi Menjual Kolak Laris Manis Sepanjang Waktu

Siapa sih yang tidak tahu Kolak? Makanan ini akrab menjadi santapan berbuka puasa (takjil) di bulan Ramadhan. Kini kolak tidak hanya dinikmati di bulan Ramadhan saja, namun dapat menjadi makanan selingan setiap saat. Bahan dasarnya pun makin bervariasi. Selain pisang, ketela dan ubi jalar, sudah ada bahan pengganti atau tambahan seperti labu, beras ketan, buah-buahan dan bahkan ayam.

Kreasi_Kolak_PisangKreasi inilah yang menjadi daya tarik kolak sehingga laris manis untuk dijual setiap waktu. Jika Anda tertarik menjadikan kolak sebagai usaha, berikut ini beberapa contoh kreasi kolak yang sudah ada dan disukai :

1. Kreativitas bahan baku kolak Bahan baku alternatif yang sudah ada di pasaran adalah kolak apel, biji salak, ketan, dan bubur kampiun. Apel, selain bikin penasaran, rasanya pas untuk dijadikan kolak. Ketan yang dicampurkan dengan biji salak, cocok untuk dicampurkan dengan kolak candil. Sedangkan bubur kampiun adalah bubur khas Sumatera Barat, berupa campuran kolak pisang, candil, bubur sumsum, ketan hitam, ditaburi kelapa parut.

Baca Juga : Bisnis Yang Cocok Di Bulan Puasa

2. Kreativitas penyajian kolak Kini banyak kolak yang disajikan dingin atau dengan es. Contohnya es kolak pisang dan kolak dingin kelapa muda. Kreasi penyajian juga bisa dengan cara memotong dan memilah bahan berdasarkan warnanya. Seperti Kolak Aneka Warna yang isinya ubi jalar, nangka, kolang-kaling, biji delima merah, biji delima hijau dan nangka yang dipotong berbentuk dadu.

Kolak_Ubi_Ungu3. Kreativitas penamaan Penamaan atau merek sangat penting agar produk Anda mudah dikenali pelanggan. Pilih nama yang unik dan belum digunakan orang. Penamaan sebaiknya selaras dengan bahan kolak yang Anda buat. Contoh penamaan yang sudah ada seperti Kolak Pacar Pelangi, Kolak Harum Dwi Warna dan Kolak Pumpkin Pop.

Baca Juga : Resep Buka Puasa Yang Unik , Anggur Beku Yang Lumer Di Mulut

4. Kolak bercitra khas kedaerahan Membangun identitas yang bercitra daerah atau tradisi unik tertentu bisa menjadi daya tarik kolak Anda. Contohnya Kolak Candil Priangan yang identik dengan Jawa Barat, atau Kolak Ayam Gumeno dari Manyar, Gresik. Kolak Ayam Gumeno sudah menjadi tradisi selama lima abad, terbuat dari ayam jago yang direbus, lalu dicampur bawang daun, gula merah, jinten dan santan.

Kolak_Biji_salak Membuat kreasi kolak juga harus diiringi pemahaman selera pasar. Kolak apa yang sedang populer, karakter calon pembeli, dan tentunya prakiraan penjualan yang cermat. Akan lebih baik jika anda menjual jenis kolak yang bervariasi agar semakin menarik minat calon pembeli. Cari dan pelajarilah berbagai menu kolak yang banyak tersedia di buku atau internet untuk memperkaya wawasan anda. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya?

Gunawan

Untuk melangkah maju lihatlah ke depan jangan tengok ke arah belakang. Usaha yang sukses adalah bercermin dari kegagalan masa lalu

3 thoughts on “Kreasi Menjual Kolak Laris Manis Sepanjang Waktu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *