Kisah Sukses Eka Gustiwana

Ketika diajak berbicara tentang siapa Eka Gustiwana, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah pengaransemen video speech milik Arya Wiguna pada tahun 2013 silam. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa pria kelahiran Jakarta, 29 tahun lalu itu kini telah menjelma sebagai seorang vlogger terkenal yang karirnya layak diperhitungkan. Jika Anda penasaran dengan kisah pemuda yang satu ini, cobalah simak ulasan singkat berikut.

Biografi singkat

Pria yang memiliki nama lengkap Eka Gustiwana Putra ini lahir dari pasangan Pompi Suradi Mansyah dan Sukarni Sofia. Sejak usia 11 tahun, sang ayah sudah memperkenalkan dirinya pada alat musik gitar. Meski begitu, Eka lebih tertarik dengan alat musik keyboard dan piano. Ketika lulus SMA, Eka lebih memilih untuk langsung bekerja di bidang musik. Hal ini dilakukannya karena kondisi ekonomi keluarganya yang saat itu tidak memungkinkan untuk membiayainya kuliah.

Biografi singkat Eka Gustiwana

Pada awalnya, pilihan pekerjaan Eka sebagai pengamen kafe yang hanya berpenghasilan Rp 200.000,00 sekali pentas sangat ditentang oleh orangtuanya, hanya saja dari keuletan dan kegigihan ang dimiliki, Eka berhasil membuktikan pada kedua orangtuanya bahwa berkarir di bidang musik bukanlah sesuatu hal yang salah. Kemampuannya di bidang musik semakin dikembangkan dengan studio musik kecil yang diciptakannya dari uang tabungan hasil pentas. Eka membeli peralatan produksi musik digital dan memulai “proyek thank you.” Proyek ini dinamakan demikian karena proyek tersebut hanya terbayar dengan imbalan yang tidak seberapa dan mengingat tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan bakat musik yang dimiliki dengan membantu aransemen lagu milik teman-temannya.

Prestasi

Kesempatan emas mulai datang padanya ketika Eka dipercaya menciptakan lagu untuk Nikita Willy di tahun 2010. Selain Nikita Willy, Eka juga menciptakan lagu untuk artis Maudy Ayunda di tahun yang sama. Karir musiknya semakin menanjak ketika dirinya berhasil memenangkan lomba jingle taman hiburan Dunia Fantasi tahun 2011. Jingle singkat tersebut diciptakan dengan menggabungkan teknik speech composing yang membuatnya meraih juara pertama. Tidak berhenti sampai disitu, Eka juga berhasil memenangkan beragam kompetisi lain, seperti:

  • Kompetisi pembuatan mars PT KAI (Persero) saat perayaan HUT ke-66. Saat itu, Eka berhasil menjadi juara pertama dan membawa pulang hadiah utama sebesar 100 juta Rupiah.
  • Kompetisi pembuatan jingle bank ICBC yang berhasil membuatnya keluar sebagai runner up.
  • Parodi BBM Campuran yang merupakan video speech composing dari berita yang dibawakan oleh Jeremy Teti di salah satu stasiun televisi swasta.
  • Pembuatan single I’m OK, Terlalu Kangen, dan Jantung Berdebar yang dibawakan bersama Nadya Rafika. Didalam video klip lagu, Eka tampil sebagai musisi yang terlihat sangat ahli dalam memainkan piano.

Eka Gustiwana bersama Nadya Rafika

Selain karya-karya diatas, Eka sudah menciptakan 50 video speech composing yang seluruhnya diunggah di youtube. Sekarang ini permintaan dari perusahaan besar untuk membuat jingle yang berasal dari composing speech juga semakin banyak. Hal inilah yang menjadikan nama vlogger yang satu ini semakin melambung. Sejak tampil di acara Hitam Putih yang dipandu oleh Deddy Corbuzier, subscriber yang mengikuti akun milik Eka di Youtube juga semakin bertambah, terakhir angka pengikutnya sudah mencapai 277.000 dan masih terus bertambah hingga kini.

Eka Gustiwana Sejak tampil di acara Hitam Putih

Saran untuk sukses ala vlogger Eka Gustiwana

Dalam sebuah wawancara yang dilakukannya bersama media, Eka memberikan banyak saran untuk rekan sesama pemusik untuk tetap percaya diri dalam mengejar mimpi dan tidak putus asa dalam mempromosikan semua karya yang diciptakan. Eka mengajak semua pemusik dalam negeri untuk memanfaatkan media internet sebaik mungkin mengingat media internet sekarang ini memungkinkan seseorang untuk mengakses program yang mendukung karir bermusik. Dirinya juga mengatakan bahwa saat ini, ada media Soundcloud yang mampu menolong para vlogger untuk menghasilkan karya terbaik tanpa khawatir dengan kapasitas ruang penyimpanan data. Baginya, saat siapapun memanfaatkan teknologi dengan bijak dan tepat, hasil yang didapat juga sangat optimal. Nah, semoga setelah membaca beragam prestasi milik Eka Gustiwana, Anda merasa lebih tertantang untuk menghasilkan karya musik yang mampu membanggakan diri sendiri dan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *