Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Buka Toko Kelontong

Saatnya kita ngomongin bisnisnya milik sejuta umat di seluruh Indonesia ini, karena banyak sekali dari majalah pengusaha yang kurang membeberkan usaha kelontong ini, Padahal kalau anda lihat sendiri di setiap sudut jalanan , disetiap pelosok negri ini hampir kita membutuhkan barang yg sifatnya recehan dan usaha ini banyak banget loh ternyata yang menekuninya

Jadi gak salah dong saya bahas untuk tema ini , yaitu usaha toko kelontong, yuk langsung saja

Jika tetangga anda, saudara bahkan anda sendiri yang buka usaha kelontong ini , pastinya tuhjuannya adalah mencari rezeki sebanyak banyaknya dengan cara mendatangkan para pembeli yang mampir di toko kelontong anda dengan harapan membeli dagangan anda. Namun pada kenyataannya justru sebaliknya untuk mendatangkan pelanggan gak semudah membalikkan telapak tangan.

Usaha toko kelontong

Faktor utamanya tentunya sangat beragam. Ada yang bilang kurang lengkaplah , ada yang bilang harganya kemahalan, ada yang bilang tokonya kotorlah ada yang bilang penjualnya jutek lah , persaingan antar tokolah dan berbagai macam faktor pastinya. Pusing banget kan melihatnya, aduhhh belum apa-apa saja sudah pusing. Sebenarnya kalau mau buka usah toko kelontong sangatlah mudah , gampang kok , asal tau saja kuncinya.

Apa dong kuncinya? Fokuskanlah pada calon pembeli anda dan acuhkanlah para pesaing anda , jangan terlalu pusing mikirin pesaing kita itu sama saja buang buang waktu dan itu sama aja memicu penyakit hipertensi atau stroke dadakan. Jadi cuma itu saja kuncinya, selesai dong pembahasan kita sampai disini? Tentu tidak………

Saya mau coba merincikan penjelasan detailnya tentang “Fokuskanlah pada calon pembeli anda dan acuhkanlah para pesaing”. Di artikel ini jika anda sebagai seseorang yang mempunyai usaha kelontong maka anda akan mengetahui 7 kesalahan apa sajakah yang sering dilakukan, Jika mampu menghindari 7 kesalahan tersebut maka Anda akan memenangkan persaingan usaha yang sehat

  1. Jangan sering sering mengintip pesaing Anda
    Kebiasaan buruk ini yang harus dihindari oleh para pengusaha, sebaiknya segera hindari mencari tahu tentang seluk beluk bisnis pesaingnya. Biarkanlah pesaing Anda mengeksporasi cara usahanya dengan caranya sendiri. Kita sebagai pengusaha toko kelontong jangan mencoba coba cari tahu siapa saja para pembelinya yang sudah berlangganan dengannya dan mencari tahu bagaimana cara berdagannya, apalagi Anda sampai detailnya mencari cari kesalahan pesaingnya, Please jangan ya , udah gak zaman prilaku itu dipakai.
  2. Bertindak curang dengan sengaja ataupun tanpa disengaja
    Terkadang Anda tidak ada maksud untuk berbuat curang. Tetapi tanpa disengaja Anda menimbang barang dagangan secara kurang akurat, kurang dalam memberi kembalian atau bahkan salah hitung uang kembalian. Bisa jadi konsumen akan menilai Anda adalah pedagang yang curang meskipun Anda melakukannya tanpa disengaja ini menjadi nilai poin yang negatif buat Anda dimata para konsumen.
  3. Berjualan dengan jutek
    Jika saya beli kopi atau mie instan di warung kelontong dengan penjualnya rada jutek dan agak segan untuk mengucapkan kata terimakasih , udah dapat dipastikan saya keesokan harinya tidak akan membeli di warung tersebut lebih baik cari tempat lain saja. Semua pelanggan punya ego agar dapat dilayani dengan baik dan ramah , harus peuh senyum pastinya jika tidak maka pelanggan akan lari ke toko sebelah. Oiya satu lagi jika ada pelanggan dari toko sebelah yang mau belanja di toko kelontong kita jangan sekali kali berkata demikian ya “Tumben nih belanja disini” pantangan sekali ucapan tadi didengan oleh pembeli yang lain, bisa jadi mereka akan sakit hati dan tidak akan belanja di warung Anda lagi. Tunjukkanlah bahwa tempat toko kelontong Anda mempunyai kenyamanan bagi para pelanggannya , perlihatkan keramahan dan murah senyum Anda kepaada para konsumen dijamin para konsumen akan nyaman dalam berbelanja.
  4. Menjual barang dagangan yang kadaluarsa
    Kekurangan yang utama dari membuka usaha toko kelontong ini adalah barang dagangan yang mempunyai masa kadaluarsa, contohnya mie instan , telur, jajanan atau apapun yang sifatnya bahan makanan. Sekali lagi anda harus lebih ekstra hati hati untuk bahan makanan seperti telur ini paling banyak dicari oleh konsumen karena produk ini cepat busuk , jadi pastikan kembali untuk masa kadaluarsa tidak terlewat
  5. Waktu buka tidak menentu
    Ini dia salah satu penyakit yang sering hinggap di beberapa pengusaha toko kelontong. Tentukanlah jadwal kapan harus buka toko dan kapan juga tutup tokonya jangan sampai berubah ubah jadwalnya buat pengumuman yang jelas dan buka rutin tiap hari. Jika harus tutup toko maka berikanlah pengumuman kapan toko akan dibuka kembali. Hal yang demikian supaya para pembeli bisa kembali lagi saat Anda membuka toko kembali.
  6. Mejual barang dagangan yang berbahaya
    Saat Anda membuka usaha toko kelontong sebaiknya hindarilah menjual barang dagangan yang berbahaya , contohnya menjual permen tanpa merek yang disinyalir didalamnya mengandung narkotika yang cukup berbahaya bagi anak anak. Alih alih Anda yang akan menanggung akibatnya dan mendapat kurungan tahanan jika ini terjadi.
  7. Asyik ngobrol dengan konsumen
    Karena keasyikan bergosip dan ngobrol ngalor ngidul dengan salah satu pelanggan kita , pelanggan yang lain dicuekin jadi harus menunggu sampai Anda dan pelanggan tadi selesai bergosip, jangan ya. Ini adalah kesalahan yang sangat fatal, bisa bisa pelanggan lain yang tadi kabur ke toko sebelah , ayo suiapa yang rugi kalau begini. Jadi usahakanlah melayani dengan sigap dan cepat.
Fokuskanlah pada calon pembeli anda dan acuhkanlah para pesaing
Fokuskanlah pada calon pembeli anda dan acuhkanlah para pesaing

Demikian pembahasan tentang Kesalahan Yang harus dihindari saat buka Toko Kelontong, mohon diterapkan ya jangan Cuma dibaca baca saja, karena prektek lebih susah biasanya. Semoga bermanfaat dan berfaedah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *