kerajinan Sapu Rayung , Peluang Usaha didaerah Magelang

Magelang didukungan pemerintah kabupaten dalam rangka mengembangkan produk-produk dari karya UKM untuk menghasilkan kerajinan. Melalui penjangkauan dan pendidikan, sejumlah UKM memperkenalkan produk produk unggulan untuk berbagai benua seperti Asia, Amerika, Eropa dan Australia. Produk yang ditampilkan adalah: kerajinan Sapu Rayung, kerajinan kuningan, ukiran tanduk dan ukiran kayu, hingga ukiran batu. Apa keunikan dan keunggulan produk kerajinan tsb sampai dapat melanglang benua? Penasaran kan ? Sama: Baca lebih lanjut ya…

Pada kesempatan ini, pertama saya akan mencoba membahas tentang kerajinan sapu Rayung daerah Magelang. industri sapu Rayung ini terletak di Dusun Keprekan, Bojong Kecamatan Mungkid, Magelang. industri sapu Rayung ini telah berkembang pesat sejak lama. Sapu Rayung adalah jenis Sapu yang mempunyai warna kuning-coklat dengan gagang sapu yang terbuat dari bambu.

sapu rayung magelang 2Sapu Rayung sendiri memiliki kesan etnik yang menarik dan unik sehingga orang luar negeri begitu meminatinya, seperti Malaysia ,Amerika Serikat, Singapura.

Di desa Kecamatan Bojong , Mungkid, hampir seluruh penduduk menjadi pengrajin sapu Rayung . Dalam suatu kepala keluarga terdapat 2 sampai 3 karyawan dengan kapasitas produksi rata-rata per setiap kepala keluarganya mampu setidaknya 50 buah sapu sehari.

sapu rayungPenjualan Sapu Rayung sendiri dilakukan melalui penjualan ke para pengepul atau para pengrajin besar, toko-toko dan beberapa agen di tiap kota.

Bahan baku utama yang diimpor dari Banjarnegara, sementara gagang sapu yang terbuat dari jenis bambu Gondani diproduksi dari Wonosobo.

Dalam waktu satu tahun Bojong mampu produksi sekitar 1,4 juta sapu, yang kemudian menyebar ke seluruh Indonesia sampai ke luar negeri.

Harga yang ditawarkan berbeda-beda, misalnya, untuk Rayung sapu gagang tangan kecil untuk membersihkan mobil dijual sekitar Rp. 2500/pcs , untuk yang sedang adalah sekitar Rp. 5000/pcs, Sapu Rayung besar antara Rp. 8.000 sampai Rp. 10.000 / pcs. Anda dapat membeli dalam jumlah besar, atau setidaknya selusin akan menerima diskon hingga 10% dari total pembelian.

Jika Anda ingin Sapu Rayung , Anda dapat datang langsung atau melalui telepon ke pengrajin. Sistem pembayaran adalah tunai dengan biaya pengiriman dibebankan kepada pembeli.

Gunawan

Untuk melangkah maju lihatlah ke depan jangan tengok ke arah belakang. Usaha yang sukses adalah bercermin dari kegagalan masa lalu

One thought on “kerajinan Sapu Rayung , Peluang Usaha didaerah Magelang

  • January 9, 2016 at 9:48 am
    Permalink

    sipp deh gan atas infonya, pas banget, memang benar pekerjaan semacam
    yang anda paparkan yang banyak dibicarakan di 2016

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *