Kenali Bisnis MLM Yang Sehat dan Sukses dengan Ciri-Ciri Berikut

MLM atau Multi Level Marketing merupakan sebuah sistem pemasaran produk dan jasa untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ke Kamu. Sistem ini sebenarnya membuat sebuah jalur distribusi yang panjang dapat efisien langsung menuju konsumen. Sehingga biaya distribusi pun dapat dibagikan kepada distributor yang ikut dalam bisnis MLM tersebut.

Bisnis ini merupakan peluang usaha bagi Kamu yang tertarik dengan bidang pemasaran atau marketing. Bisnis MLM di Indonesia dikenal oleh masarakat adalah bisnis yang tidak jelas akan keuntungannya, dan selalu mengalami pro dan kontra. Karena banyak sekali perusahaan yang bermain curang dan banyak konsumen yang mengalami kerugian, sehingga konsumen menilai negative dan banyak yang tidak percaya dengan sistem MLM tersebut.

Tidak semua bisnis MLM negatif dan merugikan, ada beberapa ciri-ciri bisnis MLM yang baik dan sehat.

  1. Memiliki Produk atau Jasa Untuk Dijual

Memilih sebuah bisnis tentunya harus diperhatikan apa yang dijual dari perusahaan tersebut. Baik barang atau  pun jasa, harus dipastikan bahwa apa yang dijual merupakan produk yang berkualitas dan bermanfaat bagi orang banyak. Produk MLM tersebut dapat dikatakan berkualitas jika orang hanya menggunakan produk tersebut tanpa menjalankan bisnisnya. Jangan memilih perusaan yang tidak jepas produk atau jasanya, atau hanya mengutamakan kuantitas member dari pada menjual produknya.

  1. Upline Mau Membantu Downline Untuk Berkembang

MLM yang baik dan sehat akan terlihat ketika upline membantu downline  dari awal proses bergabung. Upline akan selalu membantu downlinenya untuk berkembang dan selalu memberikan masukan dan ilmu bisnisnya. Jadi jika upline tidak ingin membantu dan hanya mengKamulkan downlinenya, ini menKamukan bahwa bisnis MLM tidak baik dan terindikasi money game didalamnya.

Baca Juga : 8 Tips Paling Jitu dan Cerdas Untuk Memulai Wirausaha Baru

  1. Memiliki Sistem yang Adil Bagi Semua Member

MLM yang baik dan sehat akan memberikan keadilan bagi semua membernya, Di mana member yang bekerja keras yang akan sukses tidak melihat yang lebih dahulu masuk atau yang belakangan. Sistem ini akan adil bagi semua member dan member dengan otomatis akan semakin banyak dan berkembang. Bisnis  MLM yang tidak sehat akan menguntungkan member yang pertama kali bergabung, dan akan merugikan member yang bergabung belakangan.

  1. Harga Produk yang Dijual Masuk Akal

Selain produk yang berkualitas, produk MLM yang baik dan sehat memiliki harga jual yang masuk akal sesuai dengan manfaatnya. Sehingga penghasilan member bukan karena dijual mahal, akan tetapi karena banyak konsumen yang membeli produk tersebut. Jika harga produk tidak masuk akal bisa dipastikan bahwa bisni MLM tersebut tidak baik. Jika harga produk yang tersebut masuk akal ini akan menjadi peluang bisnis menguntungkan.

  1. Memiliki Badan Hukum Yang Jelas

Bisnis MLM harus memiliki badan hukum yang jelas, karena sebuah perusahaan akan semakin dipercaya oleh membernya jika memiliki badan hukum yang jelas. Badan hukum akan menKamukan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan telah diizinkan oleh pemerintah dan layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

  1. Memiliki Support Sistem yang Baik

Support sistem ini terdiri dari Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL), dan biasanya Kamu SIUPL tersebut tertera pada produk. Bisnis MLM yang baik harus ada produknya, jika tidak ada produk yang dijual maka perlu ditanyakan kepada Badan Koordiasi Penanaman Modal (BKPM). Coba perhitungkan keuntungan yang didapat dari penjualan produk tersebut, dan bagaimana perusahaan itu berjalan. Jika semua itu terpenuhi makan bisnis MLM yang Kamu pilih akan menjadi peluang bisnis menjanjikan bagi masa depan Kamu.

Baca Juga : Yang Bosan Jadi Karyawan Selamanya bisa Kita Tiru Perjuangan dari 6 Artis ini

Bisnis MLM tidak semuanya dapat dipKamung negatif, kita perlu mempertimbangkan beberapa hal terkait peluang usaha ini. Sehingga kenali, pelajari bisnis MLM tersebut sebelum Kamu bergabung dan turut memasarkan produk MLM tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *