Inovasi Kripik Yang Menguntungkan

Salah satu kunci untuk sukses dalam berbisnis adalah melakukan inovasi, memberi nilai lebih pada produk anda, serta kreativitas penjualan yang jitu. Berdasarkan hasil penelitian di beberapa negara termasuk di Indonesia, suatu produk bisa diminati banyak konsumen bila memiliki keunikan dan kemasan yang menarik. Salah satu contohnya adalah keripik. Lihat saja banyaknya berbagai jenis keripik di pasaran.

Mulai dari keripik berbahan baku unik, atau keripik dengan berbagai macam rasa, dengan merek yang menarik serta strategi penjualan yang kreatif. Dilihat dari berbagai inovasi keripik yang berhasil, ada tiga jenis inovasi yang bisa anda simak, dan mungkin bisa menginspirasi anda untuk mencoba ikut merasakan renyahnya keuntungan usaha keripik.

Aneka Macam Keripik Buah
Aneka Macam Keripik Buah

Inovasi bahan baku
Pemilihan bahan baku yang baru atau belum ada di pasaran akan membuat produk Anda menjadi unik, sehingga orang tertarik untuk membeli. Keripik dari sayuran misalnya keripik pare, keripik bongol pisang dan keripik daun kemangi. Keripik buah-buahan sedang populer misalnya keripik rambutan, melon, apel, kiwi, stawberi dan kelapa. Sedangkan dari jenis ikan, ada keripik kulit lele, keripik bayi nila, keripik patin dan banyak lagi.

Inovasi rasa
Jika Anda lebih suka bahan baku yang umum, Anda bisa meningkatkan nilai jual keripik dengan menyediakan banyak pilihan rasa sehingga konsumen penasaran dan tertarik untuk membeli. Seperti yang dilakukan oleh Muhammad Muhdi, pengusaha keripik singkong asal Medan yang sukses memasarkan produknya sampai ke Malaysia dan Korea Selatan. Muhdi berkreasi dengan menjual keripik singkong berbagai rasa seperti rasa original, balado, keju, barbeque, hingga rumput laut.

Inovasi pemasaran
Keripik biasanya dipasarkan di toko khusus cemilan, kios kelontong, atau swalayan. Tapi sekarang keripik dapat dipasarkan melalui media sosial di internet, menggunakan komputer atau smartphone.

Contohnya yang dilakukan oleh Reza Nurhilman, mahasiswa asal Bandung yang menjadi orang di belakang kesuksesan keripik “Maicih”. Dengan memanfaatkan media jejaring sosial seperti twitter dan facebook untuk memasarkan keripik, pendapatannya dalam setahun sejak memulai usaha, bisa mencapai 4 miliar rupiah.

Kripik_MaichiKeripik singkong pedas ini juga dipasarkan melalui agen yang disebut “jenderal”, yang berjualan menggunakan mobil. Lokasi mobil tersebut selalu diinfokan melalui twitter @infomaicih sehingga pembeli dapat mengetahui kapan dan di mana saja para agen berjualan.

Anda ingin mencoba berbisnis keripik? Semoga ide inovasi ini bisa mengantarkan Anda mencicipi nikmatnya keuntungan dari bisnis kriuk-kriuk ini. Selamat berinovasi

Gunawan

Untuk melangkah maju lihatlah ke depan jangan tengok ke arah belakang. Usaha yang sukses adalah bercermin dari kegagalan masa lalu

2 thoughts on “Inovasi Kripik Yang Menguntungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *