Eka Lesmana, Tukang Angon Bebek yang Sukses sebagai Blogger

Eka Lesmana adalah salah satu generasi muda Indonesia yang patut diacungi Jempol. Di saat teman-temannya masih menikmati masa remajanya dengan berhura-hura, ia membanting tulang dan akhirnya sukses menjadi blogger yang namanya sudah mendunia. Hal ini tentu tidak diperolehnya dengan mudah.

Mulai dari angon bebek (menggembala bebek) hingga bekerja di pabrik pernah ia lakukan. Bagaimana kisahnya hingga ia menjadi seorang blogger dunia? Simak yuk perjalanan kisahnya.

# Setelah Lulus SMP

Tidak seperti teman-teman seusianya yang melanjutkan ke SMA, setelah lulus SMP Eka justru ikut omnya untuk membantu angon bebek. Selama enam bulan pekerjaan itu ia jalani. Setelah itu, ia diajak oleh tantenya bekerja di pabrik ragi. Ternyata, di pabrik ini ia tidak bertahan lama. Setelah satu tahun, ia ditawari bekerja di toko sprei di Jogja. Di toko inilah ia mulai mengenal yang namanya toko online. Informasi ini pun tidak sengaja ia peroleh dari pelanggan toko yang setiap hari berkunjung di tokonya.

Eka Lesmana Sukses sebagai Blogger

Karena penasaran, ia kemudian mempelajari lebih dalam tentang toko online sekaligus cara membuatnya. Ia mencoba untuk berjualan secara online dengan produk-produk yang ada di toko tempat ia bekerja. Namun, ternyata membuat agar toko onlinenya dikunjungi pembeli tidak mudah. Ia mulai belajar cara meningkatkan traffic. Ternyata, usaha ini tidak sia-sia. Ia berhasil mendapatkan penghasilan sekitar 100 hingga 200 ribu setiap harinya. Bayangkan, sebuah penghasilan yang sangat cukup bagi seorang karyawan toko sepertinya.

Sayangnya, pemilik toko ternyata tidak menyukai cara Eka yang membuka toko online dengan menggunakan produk-produk milik toko. Sang pemilik meminta Eka untuk tidak berjualan lagi. Saat itu, pastinya sedih yang dirasakan Eka. Sebab, penghasilannya menjadi mepet kembali.

# Berselancar di Internet

Setelah tidak diperkenankan berjualan online, Eka menjadi berpikir, apa ia akan selamanya seperti ini? Akhirnya, dengan bekal pengetahuan tentang toko online yang pernah ia jalankan, ia mencari beberapa bisnis online lain yang cukup bisa ia kerjakan dan mendatangkan uang. Kemudian, ia menemukan informasi tentang Google Adsense. Ia mencoba untuk mendaftarkan toko onlinenya yang dahulu dan ternyata diapprove.

Baca Juga : Peluang Usaha Modal Diki Hasil Bukit Yang Patut Dicoba

Kemudian, sebagai langkah awal, ia mencoba memasang iklan. Dan, dalam satu minggu, ternyata ia mendapatkan penghasilan sekitar 5 dollar dari hasil iklannya tersebut. Ia sangat bersemangat, meskipun belum tahu bagaimana cara mencairkannya. Sampai satu bulan berlalu, ia masih belum menerima hasil pendapatan tersebut. Hingga akhirnya, tukang pos yang datang mengantarkan PIN Google. Setelah diverifikasi, barulah ia mendapatkan bayarannya. Bukan main senangnya ia. Ia semakin rajin memasang iklan ke beberapa media. Pendapatan hingga 100 dollar pun ia terima hingga awal 2012.

# Beralih ke Blog dan Sukses

Setelah merasakan hasil yang cukup lumayan di Google Adsense, ia kembali menggali informasi tentang blog. Ia ingin mempunyai bisnis baru, namun bukan dengan toko online. Melalui blog ini, ternyata ia juga berhasil mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Tidak tanggung-tanggung, ia pernah mengelola hingga 10 blog. Setiap hari, ia harus memposting lebih dari 10 artikel untuk menghasilkan 150 dollar setiap blognya.

Karena dikelola sendiri, jelas pekerjaan ini sangat menguras pikiran serta tenaganya. Akhirnya, di tahun 2014, ia mulai menemukan cara yang lebih efisien, yaitu hanya mengelola beberapa blog saja, namun blog bahasa Inggris. Dengan cara ini, saat ini ia mendapatkan penghasilan yang lebih dari cukup.

Menjadi seorang blogger dunia muda tentu bukan pekerjaan mudah. Ada banyak kendala yang dihadapinya. Kendala yang paling besar dalam mencapai impiannya ini adalah minimnya dana dan pengetahuan. Mau beli hosting saja, ia harus menabung terlebih dahulu selama beberapa bulan. Belum lagi kurangnya pengetahuan yang ia miliki. Tak jarang, ia harus berlama-lama melakukan browsing dan browsing lagi.

Satu tips yang ia tularkan kepada anak muda yang juga ingin sukses seperti dirinya adalah mempunyai motivasi yang kuat, jangan mudah putus asa, dan tidak lelah untuk selalu belajar mencari pengetahuan baru. So, sudah siapkah Anda mengikuti jejak kesuksesan Eka Lesmana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *