Cara Membuat Es Krim Herbal Yang Mudah dan Sehat

Salah satu makanan yang disuka tua muda, adalah es krim. Seperti diketahui bahan utama es krim adalah susu sapi. Namun kenyataannya di lapangan, bahan-bahan es krim ini kadang kala ditambah zat-zat kimia yang digunakan sebagai pewarna buatan, pemanis buatan, dan cita rasa buatan. Tentu saja apabila mengkonsumsi es krim seperti ini dalam jangka waktu lama bisa mengakibatkan gangguan pencernaan, pernafasan, dan gangguan kesehatan lainnya.

Es Krim Herbal yang SehatUntuk itulah kemudian dibuat es krim sehat, menggunakan pewarna alami yang berasal dari rempah-rempah. Agar lebih menyehatkan lagi, dalam es krim ini ditambahkan berbagai macam herbal seperti jahe, temulawak, kayu manis, daun secang, pandan, dan sebagainya.

es-krim-sehatAgar terasa lebih segar, es krim ini diberi ekstrak daun teh hijau. Paduan susu, teh, dan herbal yang ada pada es krim, selain rasanya enak, juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Seperti kita tahu, teh hijau mempunyai beragam manfaat seperti menurunkan kolesterol darah, anti kanker, menurunkan kadar gula dalam darah dan lain-lain. Belum lagi rempah-rempah yang digunakan, kaya akan zat antioksi dan yang bisa mencegah datangnya beragam penyakit.

es-krim-sehat-cokelatIni dia Cara Membuat Es Krim Herbal yang Mudah dan Sehat :

  1. Campurkan dan kocok gula, telur dan vanili.
  2.  Panaskan kedua bahan susu dan air sambil diaduk.
  3. Tambahkan susu maizena yang sudah dicairkan. Sambil tetap diaduk angkat adonan dari api, masukkan campuran gula, telur, ekstrak teh hijau dan herbal yang ingin dipakai (bisa jahe, temulawak, kayu manis, atau pandan). Rebus adonan hingga mendidih.
  4. Setelah diangkat, aduk terus sampai agak dingin agar susu tidak menggumpal.
  5. Setelah dingin masukkan ke dalam freezer. Sehingga didapatkan es krim rasa jahe, pandan, atau lainnya.
  6. Agar lebih menarik, bisa ditambah butiran cokelat, kacang, karamel, sirup, atau topping lainnya.

Gunawan

Untuk melangkah maju lihatlah ke depan jangan tengok ke arah belakang. Usaha yang sukses adalah bercermin dari kegagalan masa lalu

4 thoughts on “Cara Membuat Es Krim Herbal Yang Mudah dan Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *