Bubur Ayam Mang H. Oyo : Gurih Terkenal Semenjak 1970

Jika kamu ada di daerah bandung apalagi di sore hari , maka sangat cocok untuk menghangatkan badan dan sekalian isi perut dengan semangkuk bubur ayam buatan Mang H. Oyo. Ciri khas bubur gurih dan kental ini adalah hasil racikan dari Mang H. Oyo yang sudah terkenal semenjak tahun 1970.

Selain Bubur ayam milik Pak H. Amid, kawasan Bandung mempunyai tempat makan bubur ayam yang gak kalah lezatnya yaitu Bubur Ayam Mang H. Oyo. Lokasinya sendiri berada di jalan Sulanjana, persisnya di Vandel Café yang membaur dengan para penjaja makanan yang lainnya.

Awalnya Bubur Ayam H. Oyo ini berjualan dengan cara berkeliling bejualan bubur ayam seperti kebanyakan tukang bubur yang sering kita jumpai di daerah rumah kita, itu dilakukan pada tahun 1970. Kemudian racikan bubur ayam tersebut begitu digemari oleh masyarakat sekitar sehingga ia membuka etalase sendiri.

Bubur Ayam Mang H. Oyo mulai buka jam 6 pagi hingga jam 9 malam. Menu utamanya ialah bubur ayam komplet, bubur ayam polos, bubur ayam telur , bubur ayam ati ampela, dan bubur ayam cakwe. Ada juga yang request tambahan seperti ati ampela, daging ayam , telur dan cakwe secara terpisah.

Harga untuk Bubur Ayam Ati Ampela yang menjadi favorit oleh masyarakat sekitar dihargai Rp 17.000 , Bubur Ayam Cakwe sendiri di bandrol Rp 13.000 sedangkan Bubur Ayam Telor sendiri Rp 16.000 kalau kamu mau tambah telur rebus bias tambah kocek Rp 4.000.

This slideshow requires JavaScript.

Jika kita menelusuri cara pembuatan bubur ayam ini maka kamu akan terheran heran dilihatnya karena mereka para pegawainya dengan sengaja membalikkan mangkuk yang berisi bubur ayam, ternyata ini sengaja diperlihatkan supaya kita bisa tau bahwa Bubur Ayam H. Oyo ini memang kental sehingga tidak akan jatuh walaupun mangkuk berisi bubur dibalik.

Bubur Ayam Mang H. Oyo ini mempunyai ciri khas yaitu kalau mangkuk bubur ayam dibalik maka gak akan tumpah. Seperti halnya bubur ayam di Bandung yang lainnya Bubur Ayam Mang H. Oyo ini tidak menggunakan kuah, hanya bubur nasi saja yang bertopping potongan cakwe dan suwiran daging ayam yang melimpah.

Bubur Ayam Mang H. Oyo - Enak dan Gurih

Walaupun tidak menggunakan kuah, cita rasa bubur ayam ini lezat dan gurih. Kamu pun dapat melengkapi bubur ayam Mang Oyo ini dengan menuangkan kecap manis atau kecap asin sesuai selera ataupun tambahkan juga lada secukupnya, pasti lebih nyammie dan muaknyosss.

Kamu tidak usah khawatir mengenai pelengkap ini seperti daun bawang ataupun kacang. Karena kamu dapat meminta pelengkap bubur ayam tersebut secara terpisah sehingga menambah nafsu makan sesuai selera kamu kamu sekalian.

Bubur Ayam Mang H. Oyo - Lengkap dan Enak

Potongan cakwe serta suwiran daging ayam yang menjadi topping bubur ayam ini menjadi pelengkap penambah cita rasa menjadi lezat. Jangan lupa campurkan kerupuk supaya sentuhan rasa renyah dan kriuk kriuknya. Gak lengkap kalau belum pesan 4 tusuk sate kulit seharga Rp 12.000 untuk menemani santapan bubur ayam ini.

Berhubung tekstur bubur ayam ini begitu kental, untuk menghabiskan 1 mangkuk bubur Ayam Mang H. Oyo membuat perut jadi kenyang. Mang Oyo sebenarnya sengaja menggunakan rasio beras yang lebih banyak ketimbang air supaya menciptakan tekstur yang kental.

Bubur Ayam Mang H. Oyo - Pasti beda

Untuk menu yang lain seperti Lontong Kari plus telur rebus dihargai Rp 23.000. Terlihat potongan dari lontong tersebut terendam oleh kuah opor ayam. Suwiran daging ayam berarna kekuningan serta telur rebus pun ditaruh diatasnya. Dan tak lupa juga taburan dari bawang goreng serta kerupuk.

Nyobain Lontong kari juga gak ada salahnya di tempat ini, Lontongnya enak , lembut bercampur dengan kuah opor ayam yang rasanya gurih. Gak perlu bersusah payah untuk melumat daging ayam ini didalam mulut karena dagingnya begitu empuk.

Bubur Ayam Mang H. Oyo - Dibalik Tidak Tumpah

Jam operasional bubur Mang Oyo ini terbilang panjang sehingga sangat cocok menjadi tempat melepas rasa lapar. Ada bubur ayam yang hangat yang selalu siap sedia untuk menemani sarapan di siang hari atau malam hari.

Dalam 1 hari biasanya Bubur Ayam H oyo ini dapat menjual hingga 120 porsi di hari kerja biasa , beda dengan hari libur di akhir pekan sabtu dan minggu jumlahnya meningkat 2 kali lipat

Alamat Bubur Ayam “Mang H. Oyo
Jalan Sulanjana, Nomor 30, Tamansari, Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *