7 Tips Berjualan Pulsa

Ada banyak langkah dan Ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya mencapai suatu kesuksesan, salah satunya ialah dengan cara berjualan. Saat ini akan kita bahas tentang bagamana cara sukses buat kamu yang ingin berjualan pulsa elektrik. Meskipun saat ini penjual pulsa sudah banyak menjamur di mana mana tapi hal tersebut tidak berarti bahwa kamu tidak dapat meraih kesuksesan melalui jenis jualan yang satu ini.

jual-pulsa-pinggir-jalan

Dengan sedikit tips dan trik bukan tidak mungkin kamu dapat mendapatan kesuksesan sesuai dengan yang kamu harapkan. Cek 7 tips berjualan pulsa di bawah ini ya :

1. Pilihlah distributor pulsa yang sudah memiliki kualitas jempolan : Si pembeli biasanya tidak akan membeli pulsa di konter yang pulsanya masuknya terlalu lama

Sebelum pada akhirnya kamu memutuskan menjadi seorang penjual pulsa, wajib hukumnya kamu melakukan observasi terlebih dahulu untuk memilih distributor pulsa yang memang punya kualitas prima. Itu maksudnya sebelum kamu menginduk, cari tahu terlebih dahulu plus minusnya dari calon distributor pulsamu tersebut. Hindarilah membeli pulsa pada distributor yang sudah punya track record minus, seperti : pulsa terlambat masuknya, selalu mengalami gangguan, dan memiliki sistem pelayanan yang kurang baik kepada konsumennya. Memilih distributor pulsa yang terpercaya bisa berdampak positif dan sangat berpengaruh pada kelangsungan usaha pulsamu.

Karena saat si pembeli membeli pulsa di dealer kamu, maka segala keluhan dan kompain akan disampaikan langsung kepada kamu. Contohnya ada konsumen membeli pulsa dikontermu, tapi ternyata pulsanya terlambat masuk karena sistemnya yang gak terlalu bagus. Sudah pasti si konsumen mengeluh ke kamu dong? Padahal kalau mau dipikir-pikir kesalahan tersebut tidak terletak sepenuhnya dikamu tapi didistibutor pulsa-mu tersebut. Selain itu memiliki distributor pulsa yang terpercaya juga membantumu dalam hal melakukan komplain jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Menetapkan harga pulsa adalah langkah dasar selanjutnya saat berjualan pulsa. Tetapkanlah harga jual yang sesuai dengan kualitas pelayanan yang kamu punya

Jika sudah mengetahui distributor pulsa yang memang sudah mempunyai sistem yang terpercaya kamu bisa langsung bergerak ke tahap selanjutnya yaitu menetapkan harga pulsa. Penetapan harga pulsa ditentukan dari harga beli pulsa kedistributor dan juga dapat dilihat dari harga pasaran yang ada. Kamu boleh saja pasang harga pulsa di bawah pasaran apabila itu tidak menyebabkan kamu kerugian sehingga kamu tidak dapat memberikan pelayanan yang terbaik.

Bersaing dengan memasang harga murah memang sangatlah menarik perhatian bagi konsumen. Tetapi bila hanya harganya saja yang murah tapi mempunyai pelayan yang buruk, lama kelamaan si pelanggan juga akan kabur dan segan untuk membeli pulsa di kontermu tersebut. Bersikap yang wajar saat menetapkan harga pulsa. Hitunglah semua modal yang sudah keluar mulai dari harga pulsa pokok, maintanance, ongkos pergi ke distributor pulsa (jika memang diperlukan), dan hal yg lain sebagainya. Pada dasarnya jangan sampai kamu melupakan kualitas pelayanan karena ingin mengejar pelanggan dari segi harga itu hal yang sangat penting untuk dapat diperhatikan.

3. Kalau kamu belum mempunyai modal untuk menyewa kios untuk membuka konter, manfaatkan keberadaan media sosial sebagai sarana ‘toko’ sementara

Pada dasarnya kamu tidak harus memiliki modal yang besar saat memiliki keinginan berjualan pulsa. Banyak juga mahasiswa yang mengawali usaha pulsa ini karena memang mempunyai keterbatasan modal dan biasanya mereka hanya perlu menyediakan modal sebesar Rp.50.000-Rp.100.000 sebagai modal awal. Jika yang terjadi adalah kondisi yang seperti ini maka kamu jangan mundur disaat kamu tidak memiliki modal untuk membuka konter fisik. Manfaatkanlah teknologi media sosial seperti twiter dan facebook sebagai toko sementaramu.

Kamu juga dapat menawarkan pulsamu di sana. Promosikan usaha pulsamu tersebut melalui akun medsos tersebut. Dengan adanya media sosial paling tidak dapat membuat orang sadar bahwa saat ini kamu sedang berjualan pulsa. Tinggalkanlah nomer HP, BBM, LINE, atau WA agar semua orang bisa dapat menghubungimu langsung disaat sedang membutuhkan pulsa.

4. Terkadang orang cenderung memerlukan pulsa dadakan disaat malam hari. Jika memang kondisi yang memungkinkan, sediakan tenaga yang dapat berjaga dimalam hari.

chat-koment-teman

Pernah kan kamu mengalami kondisi seperti Arni di atas? Kalau iya sebenarnya, itu berarti suatu pertanda bahwa jualan pulsa adalah prospek yang sungguh menjanjikan. Biasa nih kalau kita malam hari tiba-tiba butuh banget pulsa kan kita bingung mau beli kemana, konter pulsa malam hari tutup semua , nah ini dia kenapa tidak jualan pulsa kamu bisa hadir untuk memenuhi kebutuhan pulsa orang orang ditengah malam tersebut? Tapi untuk dapat menjalankan strategi usaha pulsa ini syaratnya adalah kamu hanya dapat menawarkan jasa pulsa pada orang orang terpercaya saja alias orang terdekat saja.

Alasannya adalah karena dia yang ingin membeli pulsamu tidak dapat membayar saat itu juga sehingga butuh orang yang bisa dipercaya dan tidak kabur saat waktunya membayar tiba. Para mahasiswa biasanya merupakan kaum yang suka membutuhkan pulsa ditengah malam hari. Mulai dari pulsa telpon untuk telepon pacar di kota lain, pulsa modem untuk mengerjakan tugas, sampai dengan pulsa paketan untuk stalking sosial media mantan (kamu banget ya). Untuk itu sebagai pengusaha muda cerdas yang dapat memahami mereka, kamu dapat memanfaatkan moment seperti ini untuk memajukan usaha pulsa milikmu.

5. Berikanlah diskon harga kepada pelanggan setiamu : Sebagai bentuk imbalannya suruh pelanggan kamu memberikan review terhadap jasa pulsamu yang sudah diposting melalui akun media sosial miliknya.

Setelah beberapa waktu kamu menjalani bisnis pulsa tersebut pastinya kamu sudah mempunyai pelanggan. Gunakan pelangganmu untuk memberi review terhadap jasa pulsamu yang diposting akun media sosialnya. Sebagai timbal baliknya kamu dapat memberi diskon harga pulsa dari yang biasanya ia beli. Tujuannya adalah agar orang – orang semakin mengetahui bahwa kamu saat ini sedang berjualan pulsa.

Review tersebut akan membuat orang yang melihatnya merasa lebih percaya untuk membeli pulsa di tempat kamu karena sebelumnya sudah ada orang membuktikan kualitas pelayanan beli pulsa yang kamu berikan. Cara pemasaran seperti ini dinamakan review testimonial yang pada intinya mempromosikan suatu jasa atau produk yang kamu tawarkan melalui pengalaman dari orang lain.

6. Jangan memberikan hutang pulsa secara sembarangan kepada orang lain : Bisnismu tidak akan berkembang jika banyak pelanggan yang tidak disiplin dalam membayar

Kamu boleh saja memberi hutangan pulsa kepada orang yang memang dapat dipercaya untuk bisa membayar. Banyak bisnis pulsa yang sudah dijalani dan memberikan hutang kepada orang secara sembarangan terbukti mereka sudah gulung tikar. Biasanya hal seperti ini dialami pula oleh mahasiswa yang membuka bisnis pulsanya dan membiarkan teman temannya berhutang dengan dalih sistem pertemanan dan kepercayaan.

Untuk itu sebagai pemilik usaha pulsa kamu juga harus bersikap tegas memberikan batasan kepada siapa saja yang boleh dan yang tidak boleh berhutang. Berikan pula tenggang waktu dalam pembayarannya, jangan sampai kamu malah lupa dan keteteran memutar modal karena ada orang yang tidak tertib dalam membayar. Idealnya sih waktu pembayaran dimulai dari isi pulsa paling lama adalah 1 hari atau kebijakan yang lainnya yang anda berikan yang dirasa wajar.

7. Catat seluruh pengeluaran dan pemasukan yang terjadi di dalam usahamu ini : Dengan cara displin mencatat kamu akan mengetahui dengan benar berapa besaran keuntungan yang didapat.

Memiliki usaha kecil seperti ini terkadang membuat orang meremehkan peran pembukuan, padahal jika kamu sebagai pemilik usaha tidak benar-benar mengetahui berapa sebenarnya profitmu, maka kamu akan menemui kesulitan untuk mengembangkan usaha pulsa kamu tersebut. Alasan inilah yang dapat menyebabkan kamu wajib mencatat semua arus keluar masuknya uang sekecil apapun usahamu saat ini.

Jangan biarkan sebuah pemikiran bahwa usaha kecil tidak memerlukan pembukuan dan itu membuat kamu jadi tidak melatih diri sendiri dalam melakukan pembukuan. Lakukan pembukuan dan pencatatan dari sekarang agar kamu sudah memiliki kebiasaan ini saat usaha tersebut semakin maju dan berkembang suatu saat nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *