6 Tips Usaha Menghindari Kesalahan Fatal Dalam Berbisnis

Dalam berbisnis tentunya tidak akan selamanya lancar tanpa hambatan, banyak sekali hambatan yang akan terjadi di dalam prosesnya. Sebuah bisnis perlu diperlukan sebuah manajemen yang baik dan matang, dari proses perencanaan hingga evaluasi. Di dalam proses bisnis, seringkali terjadi kesalahan yang terlihat sepele namun fatal. Sehingga menyebabkan bisnis terhambat dan gagal. Karena itulah, tips usaha akan sangat bermanfaat bagi seluruh pelaku bisnis.

Mungkin banyak yang tidak memperhatikan hal ini, karena merasa percaya dengan rencana usaha sendiri dan modal besar saja. Tidak mudah dalam membangun sebuah usaha terlebih di tengah persaingan seperti sekarang ini. Sebelum Anda mengalami suatu kegagalan atau hambatan, berikut ini ada beberapa tips usaha agar terhindar dari kesalahan fatal.

  1. Perhitungan dalam Berinvestasi

Memulai bisnis tentunya harus berinvestasi terlebih dahulu dan harus mengorbankan materi. Namun untuk berinvestasi tidak boleh salah dan harus penuh perhitungan dan cerdas seperti membaca pasar, dan menginvestasikan dana pada aset yang tepat. Investasi tersebut terdiri dari memilih aset yang tepat, manajemen anggaran yang tepat, serta menggunakan SDM yang sesuai dengan ahlinya jika memang membutuhkan tenaga yang banyak. Oleh sebab itu, perhitungkanlah dengan benar dalam berinvestasi, jangan sampai hanya mendapatkan kerugian dan akhirnya sia-sia.

  1. Merekrut Pengelola Keuangan yang Ahli

Merekrut Pengelola Keuangan yang Ahli

Sebuah bisnis tentu harus mempunyai manajemen keuangan yang baik. Keuangan yang baik menentukan keberlangsungan usaha. Agar keuangan usaha berjalan dengan baik, Anda harus merekrut tenaga keuangan yang kredibel dan ahli. Jangan takut untuk merekrut tenaga keuangan yang mahal, karena tenaga keuangan yang professional akan membuat usaha Anda sehat dan mengurangi banyak defisit. Sehingga tips usaha sukses ini wajib Anda lakukan.

  1. Terima Gaji Sendiri

Terima Gaji Sendiri

Terimalah gaji sendiri walaupun Anda pemilik usaha tersebut. Jika Anda tidak menerima gaji tersebut, dikhawatirkan Anda tidak akan semangat dalam berbisnis.  Berilah reward pada diri sendiri atas kerja keras Anda. Karena memberi reward tersebut penting, dalam menjaga semangat agar selalu bergairah dalam bekerja. Sehingga janganlah sungkan untuk menerima gaji sendiri.

  1. Menyimpan Rencana Cadangan

Menyimpan Rencana Cadangan

Sematang apapun rencana Anda, tidak menjamin bahwa semua rencana itu akan berhasil 100%. Buatlah rencana cadangan seperti plan a,b,c dan seterusnya. Rencana cadangan adalah langkah antisipasi, jika apa yang kita lakukan gagal pada saat mengambil tindakan. Sehingga Anda sudah menyiapkan peluru-peluru cadangan dalam mengelola usaha hingga berhasil. Ini adalah tips usaha cerdas buat Anda, dan seharusnya Anda melakukan ini.

  1. Tidak Menggunakan Aset Pribadi dalam Berbisnis

Tidak Menggunakan Aset Pribadi dalam Berbisnis

Hal yang tidak kalah penting dalam berbisnis adalah jangan menggunakan aset pribadi dalam berbisnis. Aset bisnis dan aset pribadi jangan dicampuradukan, karena nanti akan menyebabkan ketimpangan aset. Aset pribadi adalah harta kekayaan sendiri dan jangan digunakan untuk kepentingan bisnis. Sehingga pendapatan usaha akan terlihat murni dari aset perusahaan saja.

  1. Tidak Menggunakan Aset Perusahaan Untuk Kepentingan Pribadi

Tidak Menggunakan Aset Perusahaan Untuk Kepentingan Pribadi

Sebaliknya jika ada kepentingan pribadi janganlah menggunakan aset usaha Anda, karena meskipun ada pemilik usaha tersebut. Hal tersebut agar keuangan tetap stabil dan terpantau perkembangannya. Walaupun begitu itu adalah aset perusahaan yang tidak boleh dicampuradukan dengan kepentingan pribadi atau keluarga. Gunakanlah aset sesuai dengan fungsinya.

Beberapa tips di atas merupakan gambaran sebuah kesalahan yang biasa terjadi dalam usaha. Tips usaha tersebut dapat dijadikan pembelajaran agar Anda sebagai pengusaha dapat mempertimbangkan hal-hal yang bisa menjadi fatal, demi kesuksesan dalam usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *