4 Sektor Usaha Menjanjikan di Tahun 2017

Apa saja jenis usaha yang menjanjikan dan juga menguntungkan bagi para pemula? Bagi Anda yang masih belum menemukan jenis bisnis apa yang cocok, semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan pilihan bidang bisnis apa saja yang dapat Anda jadikan peluang usaha.

Ilmu bisnis selalu saja berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan zaman. Semakin maju zaman tersebut, maka semakin bertambah dan berkembang pula sektor bisnis yang dapat dikerjakan. Pada zaman dahulu siapa yang dapat menyangka akan ada suatu bisnis internet yang hanya bermodalkan hanya layar petak saja, alias komputer. Karena perkembangan zaman saat ini, kini orang-orang dapat memiliki banyak uang walaupun hanya bekerja melalui gadget ataupun komputer, dimana pun tempatnya dan kapan pun waktunya.

Hampir selalu ada inovasi peta bisnis disetiap tahunnya, dan kita seharusnya dapat menemukan usaha apa saja yang dapat menguntungkan saat ini ataupun di masa depan. Berikut penjelasannya.

Perkembangan Bidang Usaha di Tahun 2017

Pada zaman dahulu bangsa Indonesia merupakan negara yang penghasilan utamanya bersumber dari aspek pertanian, di masa inilah bisnis yang sering muncul berada dalam lingkup aspek pertanian saja.

Lantas, masuk pada dunia industri, bidang-bidang industri semakin luas. Mesin-mesin mulai digunakan, sehingga hasil produksi lebih cepat dan kualitas pun semakin baik.

Kini, masuk pada dunia penuh dengan informasi dan teknologi dengan alat canggih seperti Laptop, komputer dan smartphone adalah kebutuhan pokok setiap orang. Beragam sektor bisnis baru bermunculan dengan adanya suatu teknologi, seperti industri kreatif yang pembagian sektornya semakin luas.

4 Sektor Usaha Menjanjikan di Tahun 2017

#1. Manufaktur

Manufaktur merupakan sektor bisnis yang bertumpu pada suatu produksi hasil produk secara massal untuk dijual ke pasaran dengan menggunakan bantuan peralatan mesin. Apakah bisnis ini merupakan suatu bisnis yang membutuhkan modal yang cukup besar? Tentunya tidak, industri rumahan yang memproduksi produk dapat dikategorikan manufaktur.

Misalnya, usaha rumahan yang memproduksi suatu makanan khas daerah tertentu atau #bisnis kuliner seperti, oleh-oleh, dodol, keripik, kue kering, dan lain-lain, dan juga #bisnis kerajinan tangan seperti; souvenir khas suatu daerah atau souvenor pernikahan, aksesoris cantik, dan lain sebagainya. Usaha ini bisa dibilang cukup menjanjikan karena keuntungan yang didapatkan cukup besar pula dan pembeliannya biasanya dalam jumlah yang cukup banyak.

Tetapi, hampir semua jenis usaha dan semua bisnis yang menjanjikan di tahun 2017 ini dan di masa depan akan sangat membutuhkan media promosi yang berbeda. Kehadiran suatu internet telah merubah banyak hal, termasuk cara promosi dan pemasaran usaha yang menjanjikan saat ini. Internet marketing membuat proses promosi dan pemasaran menjadi jauh lebih efisien dan mudah, bahkan seorang pemula pun dapat melakukannya.

#2. Bisnis Jasa

Bisnis ini adalah bisnis yang menjual produk dalam bentuk (Service) jasa atau produk tidak berwujud. Penghasilan yang Anda dapatkan dari layanan jasa ini yang Anda berikan pada orang yang akan menggunakan dan membeli jasa Anda.

Contoh bisnis layanan jasa, seperti jasa penulis artikel, laundry, pangkas rambut, Salon, desain, antar jemput anak sekolah, ojek online dan lain sebagainya.

Sektor Usaha dalam layanan jasa adalah sektor bisnis yang membutuhkan modal yang cukup minim. Anda dapat menjalankan bisnis ini sekalipun Anda tidak mempunyai modal sama sekali, tentunya Anda harus mempunyai keahlian yang dapat dijual.

Salah satu jenis bisnis layanan jasa yang bisa dibilang hampir tanpa modal adalah menjual jasa secara online, misalnya menjual jasa design logo , jasa menulis artikel dan beberapa jasa lainnya. Walaupun jenis usaha ini hampir tanpa modal uang, bisnis ini menuntut Anda untuk memiliki keahlian yang dapat diandalkan oleh para calon pembeli.

Tertarik dengan bisnis layanan jasa? Asah keahlian Anda, dan jadikan keahlian Anda menjadi bisnis yang menguntungkan di tahun 2017 ini.

#3. Menjadi Broker

Menjadi seorang broker merupakan sektor bisnis yang cukup menjanjikan dan sekaligus minim modal. Kenapa? Karena, Anda tidak memerlukan suatu produksi dan menghitung berapa harga produksi. Anda hanya cukup bekerja untuk menjual kembali produk tersebut kepada konsumen, kemudia Anda memperoleh keuntungan dari selisih harga jual dengan harga yang Anda berikan pada para konsumen.

Caranya agar keuntungan yang Anda dapatkan lebih besar tentunya berusaha agar penjualan terus meningkat dari hari ke hari.

Sistem broker yang cukup terkenal ada dua, yaitu :

  1. Reseller : Anda membeli suatu produk dari si produsen, lalu Anda menjualnya kembali kepada si konsumen dengan harga yang cukup lebih tinggi. Biasanya untuk menjadi seorang reseller, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu pada perusahaan retail yang menawarkan produknya dengan sistem reseller tersebut.         Anda mutlak harus mempunyai modal di awal untuk membeli produk dari supplier tersebut, menyediakan suatu tempat untuk stock barang dan menyediakan waktu untuk melakukan packing dan delivery kepada si pembeli.
  2. Dropship : Anda menghubungi produsen atau pemilik produk untuk bekerja sama dengan sistem dropship. Anda tidak perlu membeli produk akan tetapi, penjual memberikan hak kepada Anda untuk menjual kembali produk tersebut kepada para konsumen dengan mengambil suatu keuntungan dari selisih harga tersebut. Sistem ini lebih hemat modal daripada sistem reseller. Kenapa, Anda tidak perlu membeli suatu produk terlebih dahulu, tidak perlu menyiapkan tempat dan tidak perlu repot melakukan packing serta melakukan pengiriman barang.

#4. Industri Kreatif

Dan, inilah Sektor bisnis yang sedang marak-maraknya digalakkan di Indonesia ini dan tidak menutup kemungkinan bahwa Anda adalah salah satu calon penguasa industri kreatif di Indonesia.

Industri kreatif tersebut adalah sektor bisnis yang berfokus pada penciptaan suatu barang dan layanan jasa dengan mengandalkan keahlian, pemikiran dan kreativitas. Selain itu, industri kreatif lebih mengedepankan pada inovasi dan kreasi dari si pembuat produk.

Beragam sektor lainnya dalam industri kreatif yang bisa Anda singgahi, diantaranya adalah:

  • Arsitektur

Industri kreatif yang bergerak pada sektor layanan jasa perancangan, perancangan biaya kontruksi, pembuatan gambar bangunan dan sebagainnya. Sangatlah cocok bagi Anda yang merupakan lulusan Arsitektur dan Teknik Sipil yang mempunyai passion pada perancangan dan pembangunan gedung.

  • Periklanan

Industri yang bergerak di sektor periklanan, seperti riset pasar, pemasangan material iklan, perencanaan komunikasi iklan, dan produksi material iklan untuk berbagai media.

  • Design

Industri yang berbasis pada teknologi dimulai dari design produk, perancangan logo, desain grafis, dan sebagainya. Industri kreatif yang satu ini dapat dikerjakan secara mandiri ataupun bersama dengan cara membangun perusahaan kecil bersama tim Anda.

Industri ini sangat menjanjikan pada saat ini, ketika Anda menguasai kemampuan design, pasarnya adalah seluruh belahan dunia. Pasarkan jasa Anda di internet dan bersiaplah menerima pesanan dari belahan dunia manapun.

  • Penerbitan dan Percetakan

Industri yang melingkupi produksi buku mulai dari penulisan naskah, tata letak, editing, hingga percetakan. Industri ini ternyata bisa juga dijalankan secara online, salah satu bisnis di bidang penerbitan dan percetakan via online adalah Guepedia.com.

  • Sofware atau Piranti Lunak

Industri ini bergerak dalam suatu penciptaan software atau piranti lunak guna mendukung kegiatan apa saja. Jika Anda merupakan salah satu programmer yang mempunyai keahlian menciptakan software maka ini adalah industri kreatif yang harus Anda gali lebih dalam.

  • Fotografi, Video, dan Film

Anda gemar fotografi? Nah ini adalah bidang bisnis yang patut Anda coba. Bisnis fotografi adalah industri kreatif yang mencakup kegiatan produksi foto, film atau video misalnya, penulisan skenario, pemotretan, pengambilan gambar atau kegiatan fotografi lainnya.

Kesimpulan :

Di atas tadi adalah beberapa sektor bisnis atau usaha yang menjanjikan & menguntungkan di tahun 2017 ini dan juga ditahun-tahun yang akan datang. Pilihlah salah satu sektor bisnis yang Anda gemari dan Anda kuasai. Ketika Anda menyukai, namun kurang menguasai mulailah belajar untuk menguasai bidang tersebut.

Misalnya, bila Anda menyukai bidang design, namun Anda kurang menguasai teknik dalam membuat design, mulailah mencari buku dan informasi di internet mengenai design. Kemudian, bukalah usaha atau bisnis jasa design. Seru, bukan.

Semoga bermanfaat buat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *