3 Tahap Merintis Bisnis Rumahan Paling Tepat Bagi Ibu Rumah Tangga

Menjadi seorang ibu rumah tangga adalah mencurahkan segalanya untuk keluarga. Mulai dari mengurus suami, anak dan rumah. Tetapi banyak juga ibu-ibu rumah tangga yang punya mimpi untuk dapat membangun usahanya sendiri tanpa harus mengorbankan tugas sebagai Ibu Rumah Tangga. Salah satunya dengan menggeluti wirausaha sendiri atau bisnis rumahan.

Dengan Bisnis seperti ini Kamu masih dapat mengurus keluarga dan rumah. Meskipun demikian melakukannya punya kelebihan dan kekurangan lho. Kelebihannya adalah masalah tempat dan waktu yaitu akan praktis karena bisa dilakukan di rumah. Untuk kekurangannya adalah dalam hal modal dan kurangnya pengetahuan pada sistem manajemen dan pemasaran, lokasi rumah tak strategis, dan kesulitan membedakan prioritas keluarga atau bisnis. Tak perlu khawatir, kali ini kami akan paparkan 3 tahapan agar dapat mulai merintis bisnis rumahan Kamu.

  1. Perencanaan Usaha adalah yang terpenting

Perencanaan usaha bisa dimulai dengan pemilihan ide Bisnis yang akan dijalankan. Kamu bisa menggunakan hobi dan minat yang Kamu sukai. Jika sudah memilih ide bisnis maka pikirkanlah juga mengenai target Pasarnya. Siapa target konsumen dari usaha Kamu? Pikirkanlah secara jeli agar produk Kamu dapat diterima di pasaran. Jangan lupa dengan karyawan jika mungkin Kamu membutuhkan.

Mulailah merekrut teman dekat atau Keluarga jika hal ini terjadi. Selain lebih aman juga akan menekan biaya Kamu. Dan ingat, dalam mengelola bisnis lakukanlah secara professional dengan jangan pernah mencampur adukkan urusan keluarga dengan bisnis Kamu. Hal terakhir dalam perencanaan usaha saat mulai berbisnis adalah pikirkan Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan yang jitu agar bisnis dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga : 5 Tips Rahasia Mompreneur merilis Wirausaha Sukses

  1. Melakukan Aksi Nyata dalam melaksanakan rencana

Implementasi itu penting jika Kamu sudah mempunyai perencanaan yang matang. Kamu dapat melakukan aksi nyata dengan memastikan bahwa Kamu telah memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha Kamu dan segeralah memulainya. Setelah bisnis Kamu berjalan, jangan lupa untuk mempunyai sikap percaya diri dalam mengelola bisnis agar bisnis Kamu memiliki sifat positif.

Selain adanya sikap positif, inovasi dan kreasi juga sangat dibutuhkan agar produk Kamu terus berkembang dan mempunyai perubahan serta perbaikan. Kemudian jangan lupakan juga dengan laporan keuangan. Ini sangat penting agar Kamu segera mengetahui apakah bisnis Kamu mengalami keuntungan ataukah malah kerugian yang di dapat.

  1. Evaluasi untuk perbaikan bisnis

Dengan melakukan evaluasi kita bisa melihat sejauh manakah bisnis Kamu berjalan. Evaluasi dapat dimulai dengan mengukur resiko terhadap rencana keputusan yang akan diambil. Apakah itu cenderung menguntungkan ataukah merugikan bisnis Kamu. Setelah melihat resiko, lihatlah juga target pasar dalam Bisnis Kamu. Apakah yang Kamu jual memiliki tempat untuk dijual dipasaran?

Jika tidak Kamu harus siap untuk melakukan perubahan atau improvement agar produk Kamu dapat diterima di pasaran dengan baik. Jangan lupakan juga dengan mengevaluasi masa depan bisnis Kamu. Kamu harus mengevaluasi apakah bisnis Kamu memiliki masa depan atau tidak. Evaluasi juga akan membawa Kamu berfikir apakah Kamu sudah menjalankan bisnis dengan sungguh-sungguh atau belum. Jika hasil dalam evaluasi cenderung negative berarti Kamu harus mulai berfikir dalam alternatif bisnis lainnya.

Baca Juga : 6 Tips Usaha Penting Diketahui sebelum merintis bisnisdengan pasangan

Demikianlah 3 Tahap Merintis Bisnis Rumahan untuk ibu rumah tangga. Semoga dengan tahapan di atas dapat digunakan oleh para Ibu Rumah Tangga menjadi salah satu acuan dan pertimbangan dalam merintis dan memulai wirausaha Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *