12 Usaha Sampingan Yang Paling Banyak Diminati

Yang sekarang sedang dalam menjalani hidup sebagai mahasiswa, karawan perusahaan dan ibu rumah tangga pasti ingin sekali mendapatkan penghasilan tambahan. Tetapi banyak dari mereka para mahasiswa, karyawan dan ibu rumah tangga yang mengeluh tidak dapat membuat usaha sampingan dengan alasan modal yang kurang. Banyak juga yang mengatakan kalau mau buka usaha sampingan harus memiliki modal yang besar, dengan meminjam uang di bank sebagai modal usaha.

Berita baik nih bagi yang ngerasa pekerjaannya yang disebutkan diatas atau pekerjaan lainnya, berikut 12 ide usaha sampingan yang tidak perlu modal besar dalam memulainya:

Menjual Makanan untuk Sarapan
Menjual-Makanan-untuk-Sarapan
Dengan menyediakan makanan untuk sarapan merupakan sebuah ide bisnis sampingan yang menjanjikan bagi kita. Zaman sekarang orang memilih cara yang tercepat saat melakukan banyak hal di pagi hari salah satunya ketika sarapan. Untuk menu yang dapat kita tawarkan kepada para pembeli dapat bervariasi, antara lain nasi uduk, nasi kuning, gorengan, bubur ayam, sayuran dan lain-lain.

Menjual Pulsa Elektrik
Menjual-Pulsa-Elektrik
Jika kita ingin memulai usaha ini maka ada lebih baiknya untuk tidak menjual dengan berbentuk kartu atau tidak perlu tempat. Cukup dengan ponsel yang diaktifkan pulsa elektrik sehingga relatif tidak merepotkan. Dengan meningkatnya pengguna ponsel, bisnis sebagai penjual pulsa sangatlah menjanjikan. Kabar yang didapat, bahwa penjual pulsa di Jakarta dapat memiliki omset sampai Rp20 triliun setahun.

Membuat Jasa Laundry
Membuat-Jasa-Laundry
Banyak orang yang ingin serba praktis khususnya dalam masalah pakaian, bahkan banyak orang yang terganggu dengan masalah cucian pakaian yang terus menumpuk dan tak kunjung berkurang akibat sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Maka membuka usaha jasa laundry adalah sebuah peluang ayang menguntungkan.

Baca Juga : Ini caranya Menjadi Pengusaha Yang Kreatif

Untuk modal bisa sampai Rp10 juta, untuk membeli mesin cuci satu tabung otomatis dan sebuah pengering, itu diambil sekitar setengah dari modal. Setengahnya lagi untuk peralatan pelengkap seperti timbangan, plastik, setrika, gantungan baju, tempat jemuran, dan masih banyak lagi. Tentu saja untuk mengurus itu diperlukan seorang karyawan dengan gaji dari Rp500 ribu s/d Rp1 juta perbulan (tergantung kita sendiri yang memberi gaji).

Menjual Aneka Kue

Kue Lebaran
Kita dapat menjual kue basah atau kue kering. Kue basah contohnya brownies kukus, bika ambon, kue bolu, onde-onde, kue apem, dadar gulung dan masih banyak yang lain. Resep-resepnya dapat anda cari di internet atau belajar ke tempat penjual kue yang lain.Sementara untuk kue kering antara lain sandwich, kue nastar, kukis selai kacang coklat, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 5 Bisnis Yang Menjanjikan di Bulan Desember

Jasa Pengetikan
Jasa-Pengetikan
Umumnya tidak perlu modal banyak dalam menjalankan jasa ini. Meskipun begitu, dalam menjalankan jasa ini carilah tempat strategis untuk menjalaninya, seperti lingkungan kampus, sekolah, instansi usaha. Target konsumennya adalah para karyawan, mahasiswa dan guru yang malas untuk mengetik atau menuliskan tugas dan skripsinya.

Jasa Desain Grafis

Jasa-Desain-Grafis
Jika anda memiliki kemampuan dalam bidang ini, seperti corel draw dan photoshop anda dapat membuka peluang usaha dalam bidang ini dengan membuka jasa pembuatan kartu nama, logo, baju, maskot, poster dan yang penting berkenaan dengan desain.

Tidak perlu takut mencari tempat yang tepat untuk menjalankan bisnis ini, kita dapat memanfaatkan pasar desainer online yang ada di indonesia seperti sribu.com dan projects.co.id. Jika dapat berbahasa inggris, kita dapat menjajakan desain kita ketaraf internasional untuk menjangkau konsumen lebih luas. Untuk situs penjualan desain luar negeri seperti 99designs.com, elance.com dan upwork.com.

Baca juga : 4 ide Usaha menjelang Natal & Tahun Baru

Modal yang diperlukan hanyalah koneksi internet dan perangkat lunak desain yang anda perlukan dan tentu saja komputer dan laptop.

Membuat Warung kopi Sederhana

Warung-kedai-kopi-lesehan
Bisnis ini sangatlah cocok untuk yang tinggal disekitar kampus atau kawasan industri. Biasanya buruh pabrik membutuhkan waktu istirahat untuk nongkrong sembari makan, mahasiswa ketika malam hari butuh tempat mengobrol yang asyik dan sambil ngemil makanan, tempat yang cocok adalah warkop atau warung kopi.

Jasa Pencucian Motor
Jasa-Pencucian-Motor
Untuk mencuci motor itu lebih ringan daripada mencuci mobil, disisi peralatan juga lebih sederhana. Di lingkungan yang memiliki pengendara motor yang banyak, tidak ada salahnya untuk mencoba yang salah satu ini. Anda perlu menyediakan pompa air,kompresor, kain lap, shampo motor, dan peralatan semir ban.

Jasa Bimbingan Belajar (Privat)
Jasa-Bimbingan-Belajar
Untuk ibu rumah tangga yang memiliki suatu kemampuan atau ilmu yang pernah diajari tetapi tidak dapat termanfaatkan dengan baik, ada baik jika membuka jasa bimbingan belajar kepada anak-anak sekitar dan tetangga sekitar rumah. Jangan lupa untuk melihat seberapa mampu kita mengajar kepada mereka. Usahakan semampunya dan jangan berlebihan.

Usaha Kerajinan Tangan
Usaha-Kerajinan-Tangan
Dengan mengasah kemampuan agar lebih terampil agar terus meningkatkan kinerja aktif dalam bidang ini. Yang paling dituntut dalam bidang ini adalah kreatifitas dalam mengolah bahan-bahan yang ada bahkan seadanya.

Baca juga : 5 Usaha Sampingan di Akhir Tahun

Berawal dari hobi, bisa jadi apa yang menjadi hobi tersebut dapat menghasilkan uang. Hobi dalam menjahit, menyulam, membuat pernak-pernik asesoris dan bahan daur ulang dapat dijadikan ladang penghasilan.

Membuat Blog

membuat-blog

Secara tidak sadar bahwa ngeblog sedang ngetren selama beberapa tahun terakhir ini. Karena pondasi untuk menghasilkan banyak uang dari blog merupakan postingan berkualitas. Kita dapat mencoba dengan menuliskan apa yang kita kerjakan sekarang, topik yang bisa diambil banyak sekali mulai dari masalah kesehatan, agama, kesenian, masalah kehidupan, tempat jualan dan lainnya. Strateginya adalah membuat banyak artikel dalam blog tersebut, yang penting sudah tahu apa yang ingin ditulis dan tidak perlu ribet.

Membuat Toko Online

Membuat-toko-online

Seperti halnya ngeblog, membuat toko online juga sedang masa-masa trendnya tahun ini. Karena gaya belanja masyarakat sekarang ingin dengan cara yang mudah, akhirnya muncul gaya belanja online. Barang-barang yang dapat dijual sangat bervariasi, mulai dari obat-obatan, barang kebutuhan sehari-hari, kerajinan, kaos dan lain-lain. Tetapi yang paling ngetren sekarang penjualan adalah ebook, software, musik, theme, plugin, dan video tutorial.

Dari ini semua yang paling utama adalah memanfaatkan apa yang ingin kita kembangkan. seperti:

  • Memanfaatkan hobi sebagai usaha sampingan.
  • Memanfaatkan keterampilan atau keahlian sebagai usaha sampingan.
  • Memanfaatkan internet sebagai tempat pemasaran bisnis.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menjadi pencerahan kehidupan yang gemilang di masa yang akan datang.

Gunawan

Untuk melangkah maju lihatlah ke depan jangan tengok ke arah belakang. Usaha yang sukses adalah bercermin dari kegagalan masa lalu

2 thoughts on “12 Usaha Sampingan Yang Paling Banyak Diminati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *